Dimasa Pandemi Covid-19 Posyandu Terus Digalakan

Oleh
IMG-20211126-WA0040

Kutacane - Pentingnya peran Posyandu sebagai ujung tombak penggerakan dan pelayanan kesehatan masyarakat khususnya pada bayi yang baru lahir, Serda FC. Hasibuan Koramil 03/Badar jajaran Kodim 0108/Agara dampingi Bidan Yenni Apsalinawati Amd. Keb, melaksanakan Posyandu di Desa Peranginan Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara, Jum'at (26/11/21).

Menurut Serda FC. Hasibuan menuturkan, "dimana melalui posyandu dapat mengatasi permasalahan kesehatan pada bayi di desa binaan seperti  Gizi Buruk, Kesehatan Ibu dan Anak, KB, Imunisasi dan Stunting serta pelayanan kesehatan lainnya", ujarnya.

Yenni Apsalinawati Amd. Keb menjelaskan bahwa, posyandu adalah wadah pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh, dari dan untuk masyarakat.

Kegiatan posyandu penting untuk menjaga kesehatan ibu dan anak sekaligus memantau pertumbuhan si kecil," ungkapnya.

Pemantauan tumbuh kembang balita sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk memantau perkembangan sekaligus mengidentifikasi adanya gangguan pertumbuhan sejak dini. pematauan ini dapat dilakukan diberbagai pelayanan kesehatan masyarakat, salah satunya adalah posyandu", jelasnya.

Kegiatan pelaksanaan posyandu biasanya dilakukan bergantung pada kader kadernya, dimana mereka mentukan tempat, waktu dan keberhasilan pengelolaan kegiatan posyandu pada wilayahnya masing masing",sambungnya.

Lanjut, "fungsi kegiatan posyandu salah satunya adalah sebagai wadah bertukar informasi kesehatan bagi masyarakat awam. para ibu yang menjadi peserta kegiatan tersebut dapat bertukar informasi mengenai kondisi kondisi kesehatan tertentu.

Posyandu juga berperan  sebagai wadah untuk mendekatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. terutama bagi masyarakat yang tidak mampu atau kesulitan mendapatkan akses pelayanan kesehatan. dalam hal ini masyarakat dituntut untuk berperak aktif dalam berbagai kegiatan kegiatan kesehatan,  seperti keluarga berencana ( KB ), imunisasi bayi, hingga pemenuhan gizi ibu dan anak.  dengan tujuan mewujudkan masyarakat yang sehat",tandasnya.

Komentar

Loading...