Antisipasi Hama Tanaman Padi, Serda Eko Pranoto Bantu Petani

Oleh

Aceh Timur - Menyikapi tingginya sensitifitas tanaman terhadap ancaman hama ditengah cuaca yang tak menentu seperti saat ini, Babinsa Koramil 15/Peureulak Barat Kodim 0104/Aceh Timur Serda Eko Pranoto, melaksanakan pendampingan pertanian dengan membantu petani, melaksanakan penyemprotan hama padi di sawah milik Pak Ilyas, seluas 12 Rante, bertempat di Desa Paya Seungat, Kecamatan Peureulak Barat, Kabupaten Aceh Timur, Jum'at (22-10-2021).

Eko menjelaskan bahwa kegiatan ini juga dilakukan guna membantu masyarakat meningkatkan ketahanan pangan di masa Pandemi Covid-19. “Pendampingan penyemprotan padi tersebut bertujuan untuk mengantisipasi tanaman padi yang terserang oleh hama seperti Wereng dan ulat,” ungkapnya kepada awak media.

Menurut Eko, kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka membantu para petani untuk meningkatkan produksi. Sehingga program ketahanan pangan di daerah bisa dijalankan dengan baik. "Ini juga dilakukan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di daerah," ucapnya.

Di tempat terpisah, Danramil 15/Plkb Lettu Inf Syahrial menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan Babinsa nya tersebut merupakan upaya untuk membantu pemerintah dalam hal ketahanan pangan terlebih pada masa pandemi Covid-19 ini.

"Selain menyampaikan imbaun tentang taat protokol kesehatan setiap harinya, para Babinsa juga melaksanakan tugasnya dalam hal ketahanan pangan," kata Danramil.

Penyemprotan pestisida guna menangkal timbulnya hama wereng dan ulat yang di mana bisa menurunkan hasil panen.

Kegiatan dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan untuk mendampingi para petani saat bekerja di sawah mereka sebagai upaya meningkatkan hasil panen dan ketahanan pangan di wilayah binaan masing-masing. "Para Babinsa terjun ke lapangan, atau ke sawah para petani dengan saling bahu membahu bersama petani agar produksi padi mereka tetap aman dari hama,” pungkasnya.

Komentar

Loading...