Pembuatan Bronjong TMMD Reguler Ke-111 Kodim 0109/Aceh Singkil Capai 50 Persen

Oleh

ACEH SINGKIL - Memasuki hari ke 3 pekerjaan pembuatan bronjong jembatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 tahun 2021 Kodim 0109/Aceh Singkil sudah mencapai kemajuan fisik 50%. Hal itu dinyatakan 50% karena jumlah material pemasangan bronjong telah terpasang dimana pembangunan bronjong itu dibawah jembatan box culvert yang telah selesai dibangun di lokasi pembangunan badan jalan TMMD yang menghubungkan Desa Gosong menuju Desa Gosong Telaga Utara, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Kamis (17/6/2021).

Ada banyak kelebihan kawat bronjong dibandingkan dengan tanggul beton, kawat ini banyak diterapkan sebagai pelindung untuk mencegah erosi dan abrasi, model Bronjong ini sudah layak uji Standar Nasional Indonesia (SNI) dan banyak dipasang pada bibir sungai agar tidak terjadi penggerusan tanah pada saat banjir.

Tim Satgas lainnya pun turut 'berjibaku membantu memasukkan/menyusun bebatuan padas tersebut ke bronjongan yang telah dipasang, di bibir tebing jembatan yang dinilai rawan terkena longsor, di Desa Gosong Telaga Utara, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil.

"Langkah taktis dan terukur tersebut sesuai dengan arahan bapak Dansatgas TMMD, Letkol Czi Yudho Widiharto,S.I.P, Bronjongan segera dituntaskan, guna mengantisipasi cuaca ekstreem di lokasi sasaran fisik dan tidak sampai mengganggu pergerakan tim lainnya di jembatan," ujar salah seorang Kepala tukang Pelda Apridinako.

Hingga saat ini kawat bronjong dan material batu sudah cukup untuk pemasangan yang dibutuhkan, sehingga dalam pengerjaannya tidak terjadi kendala dan halangan.

Komentar

Loading...