Kodim 0117/Atam Bersama Instansi Terkait, Perketat Pengawasan Perbatasan

Oleh

Aceh Tamiang – Danramil 01/Ksp Kodim 0117/Atam Kapten Inf Iswan bersama Instansi terkait memperketat pengawasan perbatasan Aceh Sumatra dan terminal terpadu Kota Kuala Simpang, guna penanggulangan pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Aceh Tamiang. Kamis (09/4/2020).

Memperketat pengawasan perbatasan dalam langkah untuk antisipasi penyebaran Covid-19 dengan cara setiap orang yang masuk kekabupaten Aceh Tamiang harus melakukan sesuai protokol kesehatan, yang saat ini merebaknya Virus Corona (Covid-19) dapat mengancam siapa saja.

Selanjutnya warga atau masyarakat yang masuk ke Kabupaten Aceh Tamiang akan bersetatus Orang Dalam Pantauan (ODP), yang harus mengkarantinakan diri selama 14 hari.

Kemudian kesiapan gugus tugas diperbatasan melakukan pengecekan setiap kendaraan yang masuk ke Wilayah Aceh Tamiang harus dicek kesehatan.

Danramil 01/Ksp Kapten Inf Iswan menyapaikan berharap, setiap petugas, bisa lebih proteksi ketat di wilayah perbatasan, karena menjadi salah satu upaya untuk menghentikan penyebaran Covid-19 guna memutuskan mata rantai Virus Corona di Aceh Tamiang.

Daripada itu “setiap orang atau warga yang ingin memasuki wilayah perbatasan ini, harus diperiksa tanpa terkecuali, semua kendaraan yang melintas wajib berhenti untuk diperiksa”, harap Danramil.

Kapten Inf Iswan selaku Danramil 01/Ksp, juga menekankan, untuk petugas diperbatasan bagi setiap pendatang harus benar-benar di data dan dikontrol kesehatannya oleh pemerintah setempat dan juga oleh petugas kesehatan saat diperbatasan.

“Kalaupun dengan pemeriksaan dari Orang tersebut Tanpa Gejala atau tidak ada gejala, klinis kontak dengan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bisa dilakukan isolasi mandiri di rumah”.

“Dengan pemantauan dari pihak Puskesmas, dan berkoordinasi dengan RSUD Kabupaten Kota setempat, jika terlihat ada gejala, naikan status ODP atau PDP”, Terangnya.

“Yang perlu menjadi skala perioritas utama adalah PDP dan ODP, perlu menjadi perhatian bagi Kabupaten untuk menghadapinya jangan sampai terjadi Covid-19 positif”, tegas Danramil 01/Ksp Kapten Inf Iswan.

Komentar

Loading...