Sertu Alhafis, Babinsa 02/Singkil Jelaskan Manfaat Tanaman Jernang

Oleh

Aceh Singkil - Bintara Pembina Desa (  Babinsa ) Koramil  02/Singkil, Kodim 0109/Asing, Sertu Alhafis tinjau penyaluran bibit jernang dari Dinas Kehutanan kepada kelompok tani desa Pemuka, Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, Kamis ( 19/3/2020 ).

Alhafis menjelaskan, bahwa tanaman jernang telah ada dan dimanfaatkan oleh masyarakat sejak zaman dahulu karena resin jernang memiliki nilai jual yang tinggi dan grafik harga yang meningkat dari tahun ke tahun.

"Jernang adalah sejenis resin yang dihasilkan dari beberapa spesies rotan dari marga Daemonorops. Resin berwarna merah ini diperdagangkan dan dimanfaatkan sebagai bahan pewarna, dupa, dan bahan obat tradisional,"urai Babinsa Pemuka tersebut.

Ditempat yang sama, Budiman selaku  Ketua kelompok Tani Saudara juga menjelaskan kepada anggota tani, bahwa tanaman jernang ini sudah dibudidayakan di Aceh tepatnya di Kabupaten Bener Meriah dan masyarakat luas juga sudah mulai melirik untuk membudidayakan tanaman tersebut,  karena nilai ekonomisnya yang tinggi dan menjanjikan.

Oleh sebab itu demi mendongkrak perekonomian masyarakat. Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil melalui dinas Kehutanannya bermaksud mengembangkan tanaman jernang tersebut di wilayahnya,"pungkas Budiman.

Komentar

Loading...