Kodim Pidie Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Oleh

Pidie - Dalam rangka mengenang, menghormati para Pahlawan revolusi, Komando Distrik Militer 0102/ Pidie menggelar Upacara bendera memperingati Hari Kesaktian Pancasila, dilapangan Makodim Jln. Prof A. Majid Ibrahim Sigli. Selasa, 1/10/2019.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 0102/ Pidie Letkol Arm Wagino SE dan diikuti oleh seluruh anggota dan PNS Kodim 0102/ Pidie.

Menurut Dandim 0102/ Pidie Letkol Arm Wagino SE, Upacara yang di selenggarakan dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila ini, selain untuk mengenang dan menghormati para pahlawan revolusi yang sudah berjuang untuk kemerdekaan negara , juga untuk  memperkokoh rasa cinta tanah air dan patriotisme kita sebagai seorang prajurit.

Seperti kita ketahui bahwa di era globalisasi sekarang peran pancasila sangat penting untuk tetap menjaga eksistensi kepribadian bangsa indonesia, dengan adanya globalisasi batasan batasan diantara negara seakan tak terlihat, informasi maupun kebudayaan asing dapat masuk dengan mudah diakses oleh masyarakat.

Dengan berkembang pesatnya informasi dan teknologi serta mudah di akses oleh masyarakat seperti saat ini tentunya dapat memberikan dampak positif dan negatif bagi bangsa indonesia, jika kita dapat mengfilter dengan baik berbagai hal yang timbul dari dampak globalisasi tentunya globalisasi itu akan menjadi hal yang positif karena dapat menambah wawasan dan mempererat hubungan antar bangsa dan negara di dunia. Sebaliknya jika kita tidak mampu mengfilter dengan baik hal-hal negatif dari dampak globalisasi dapat merusak moral bangsa dan eksistensi kebudayaan indonesia.

Oleh karena itu kita harus selalu memupuk semangat Nasionalisme setiap warga masyarakat Indonesia terlebih kita sebagai seorang prajurit, sudah menjadi kewajiban kita untuk mempertahankan Ideologi Pancasila sebagai dasar negara kita, dalam mengisi kemerdekaan sebagimana yang diharapkan oleh para pejuang kemerdekaan bangsa.

Komentar

Loading...