Upaya Keras Babinsa Dalam Mensosialisasikan Dampak Dari Bahaya Karhutla

Oleh

Abdya - Guna mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) para babinsa terus bekerja keras dengan mengadakan patroli dan Sosialisasi secara langsung kepada masyarakat tentang dampak serta bahaya dari Karhutla tersebut.

Seperti yang dilakukan Batuud Koramil 04/Susoh yang didampingi Babinsa (Koptu Depi Mulyadi) melaksanakan Sosialisasi tentang bahaya dan kerugian terjadinya Karhutla, kegiatan tersebut berlangsung di lahan pekebunan Sawit milik Bpk. Ramdan (53) yang bertempat di Desa Padang Baru Kecamatan Susoh, Rabu (28/9/19).

Kegiatan Patroli dan Sosialisasi langsung kepada masyarakat tentang Karhutla merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Koramil melalui Babinsa jajaran Kodim 0110/Abdya, selain itu juga Koramil jajaran juga telah membuat alat padam api tradisional guna langka antisipasi awal untuk mencegah dan meluasnya api apabila sewaktu-waktu terjadi karhutla sebelum datangnya mobil pemadam kebakaran.

Plh. Danramil 04/Susoh (Lettu Inf Edi Mailiswar) mengatakan" Sosialisasi ini merupakan Salah satu bentuk antisipasi pembakaran lahan yang saat ini sering dilakukan oleh oknum masyarakat ketika membuka kebun dan pertanian yang mana oleh segelintir oknum masyarakat dianggap lebih mudah/cepat dan hasilnya lebih maksimal dalam bercocok tanam, hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh minimnya pengeluaran modal bagi para petani dalam mengolah perkebunan mereka.

Oleh sebab itu saya selalu menyampaikan kepada Babinsa untuk lebih ekstra dan bekerja keras mensosialisasikan langsung kepada masyarakat tentang bahaya dari Karhutla tersebut, serta terus memonitor wilayah binaan tingkatkan Komsos (Komunikasi Sosial) untuk mengajak dan menyampaikan kepada masyarakat agar tidak sembarangan dalam membakar lahan yang dapat mengakibatkan kerugian bagi kita semua" Tegas Danramil.

Komentar

Loading...