Danramil 03/Kota dan Babinsa Panen Perdana Ikan Nila

Oleh
IMG-20180511-WA0059

Takengon - Dalam rangka meningkatkan program ketahanan pangan Pemerintah bidang perikanan, Danramil-03/Kota, Kapten Czi Zakaria bersama para Babinsa dan masyarakat melaksanakan panen perdana ikan air tawar jenis Nila di kerambak Kp. Toweren Kec. Lut Tawar Kab. Aceh Tengah, Rabu ( 23/05/18).

Menurut Danramil, Ikan nila merupakan komoditi utama perikanan air tawar di seluruh Indonesia yang perawatannya sangat mudah baik dari pertumbuhan maupun perkembangbiakannya dan tahan terhadap gangguan penyakit.

Lanjutnya, panen merupakan suatu rangkaian kegiatan yang tidak terpisahkan dari budi daya ikan, dalam hal ini dapat dilakukan setelah adanya kepastian pasar atau setelah masa pemeliharaan dan pembesaran yang sudah berlangsung selama 4 - 6 bulan dengan berat rata-rata mencapai 400 - 600 gram per ekor.

Peluang bisnis budidaya ikan nila sampai saat ini masih memiliki prospek yang menjanjikan, karena setiap tahun permintaan terus meningkat, selain untuk konsumsi masyarakat lokal ikan ini juga diekspor keberbagai negara Asia, Eropa maupun Amerika Serikat dalam bentuk daging tanpa tulang dan kulit, Jelas Kapten Czi Zakaria.

Danramil mengharapkan agar masyarakat yang masih mencari ikan di Danau Lut Tawar dapat mengikuti jejaknya untuk membudidayakan ikan dengan cara membuat jaring apung, dengan demikian kebutuhan pembudidayaan ikan air tawar di Kab. Ateng dan Bener Meriah dapat terpenuhi, selain itu juga bisa untuk menambah gizi dan peningkatan kesejahteraan warga dalam usaha kecil menengah.

Komentar

Loading...