Babinsa Koramil 01/Blangpidie Bajak Sawah

IMG-20180508-WA0032

Abdya - Babinsa Koramil 01/Blangpidie Kodim 0110/Abdya Kopda Rusdian Syaputra membantu petani binaannya bajak sawah, di Desa Gudang Kecamatan Blangpidie. Selasa (8/5/2018) sore.

Dari pantauan, sawah yang berukuran luas 8 Hektar tersebut dibajak dengan menggunakan mesin hand traktor.

Di sela kegiatannya, Kopda Rusdian menuturkan bahwa kegiatannya tersebut ia lakukan dalam rangka pendampingan terhadap petani binaannya. Katanya, selain sebagai bentuk dukungan dalam mensukseskan program Nasional ketahanan pangan, turun ke sawah dan bertani adalah salah satu bidang yang ia sukai.

Berdasarkan pengalamannya sebagai anak tani, Kopda Rusdian menerangkan tentang tahapan dalam pengolahan lahan sawah,  yakni pembersihan dan perbaikan pematang, pencangkulan tanah yang berada di sudut-sudut pematang, dan yang terakhir ialah pembajakan. Sementara keuntungan dari pembajakan itu sendiri ialah berubahnya gulma menjadi humus tanah. Dengan membusuknya gulma menjadi humus, maka lapisan tanah menjadi lebih subur dan siap untuk ditanami padi.

"Kita berharap, dengan adanya berbagai alat mesin pertanian (Alsintan) yang modern saat ini, semakin mempermudah petani dalam mengolah dan merawat tanamanya. Sehingga produktifitas panen petani menjadi semakin meningkat", ujar Kopda Rusdian. 

Komentar

Loading...