BABINSA KODIM 0111/BIREUEN TERIMA SOSIALISASI BINSIAP APWIL DAN PUANTER

Oleh
IMG20180508092130

BIREUEN-  Bertempat di Aula Dinas Pertanian Komandan Kodim (Dandim) 0111/Bireuen Letkol Inf Amrul Huda, S.E., M.M., M.Sc. yang di wakili Pasi Teritorial Dim 0111/Bireuen membuka sosialisasi Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) Triwulan II 2018. Selasa (08/05/2018).

Kegiatan tersebut, diikuti 135 orang Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Kodim 0111/Bireuen, maksut dan tujuan agar para Babinsa mampu memahami tugas dan fungsi sebagai Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil).

Dalam sambutannya Pasi Ter Dim 0111/Bireuen mengatakan, bahwa untuk meningkatkan kesiapan kewilayahan dan kemampuan teritorial, maka diperlukan kemampuan dan ilmu teritorial dalam melaksanakan tugas sesuai dengan situasi dan kondisi yang berkembang saat ini.

“Kemampuan yang harus dimiliki seorang Babinsa adalah 5 Kemampuan Teritorial yakni kemampuan temu cepat dan lapor cepat, Manajemen Teritorial, Penguasaan Wilayah, Pembinaan Perlawanan Rakyat, serta Kemampuan Komunikasi Sosial”, Ujarnya.

Diharapkan, lanjut Pasiter, dengan memiliki kemampuan tersebut para Babinsa bisa lebih memahami tugas dan fungsi sebagai aparat kewilayahan. Dan tidak ragu dalam mengaplikasikannya dilapangan Karena Bintara Pembina Desa (Babinsa) merupakan garda terdepan dalam tugas kewilayahan bagi TNI-AD. Sehingga, Babinsa harus mampu membina kewilayahannya secara optimal, efektif dan efisien .

Materi-materi yang disampaikan antara lain materi sikap teritorial oleh Kapten Inf Syawaludin Danramil 09/Makmur, materi metoda binter oleh Kapten Inf M.Nasir Danramil 05/Juli., serta materi penanggulangan bencana alam oleh Bpk Syarul Rizal dari Dinas BPBD Kabupaten Bireuen dan Pertanian Bpk Julpikar S.P dari Dinas Pertanian dan peternakan.

Pada saat pelaksanaan kegiatan Tim Wasev dari Korem 011/Lilawangsa yang dipimpin oleh Pasi Puanter Rem 011/Lilawangsa Mayor Kav DRS Yusri, S.H., M.H., MDA meninjau pelaksanaan kegiatan tersebut, menyampaikan bahwa kedatangannya ke Kodim 0111/Bireuen.

Komentar

Loading...