Babinsa dan PPL Tanam Jagung Di lahan Demlot Kodim 0106/Ateng

Oleh
IMG-20180508-WA0001

Takengon - Dalam rangka Pembinaan Ketahanan Pangan (Bin Hanpangan) dan sekaligus mensukseskan program swasembada Pajale yang telah di canangkan oleh Pemerintah, Para Babinsa dan Stap Teritorial Kodim 0106/Ateng bersama PPL Dinas Pertanian melaksanakan tanam jagung bersama jenis jagung varietas master sweet di lahan Demontration Plot (Demplot) Kodim 0106/Ateng Kp. Kung Kec. Pegasing Kab. Aceh Tengah, Selasa ( 08/05/2018 ).

Menurut Pasi Teritorial Lettu Inf Rudi Handoko selaku koordinator tanam, di Negara Indonesia jagung merupakan komoditi tanaman pangan kedua yang sangat penting setelah padi, dimana dalam era modern ini pangan tersebut selain digunakan sebagai makanan tambahan, juga pakan ternak dan bahan baku beberapa industri strategis dengan kebutuhan yang terus meningkat.

Maka dari itu, lanjut Rudi, untuk memenuhinya harus diperlukan langkah peningkatan produksi jagung nasional, seperti yang kami laksanakan saat ini dalam kebersamaan TNI-PPL menanam jagung jenis unggul dan di harapkan agar bisa di contoh oleh para petani di daerah dataran tinggi Gayo.


Budidaya jagung ini sudah merata dan hampir semua wilayah mempuyai daerah sentra produksi masing-masing, apalagi di tambah dengan adanya tata niaga yang semakin mudah serta banyaknya pedagang pengepul, baik itu besar maupun kecil di tingkat Desa atau sentra pasar induk sayur. Tambahnya.

Selanjutnya, Varietas jagung manis Master Sweet memiliki beberapa keunggulan yaitu tanaman lebih vigorus, kokoh, tahan rebah dengan ukuran tongkol yang besar panjang 20.8 cm, dengan diameter tengah 5.3 cm, keliling 17 cm dan jumlah barisnya 16 - 18, berat satu tongkol bisa mencapai 500 gr, yang berarti dalam 1 kg berisi 2, selain itu, tongkol yang besar akan memberikan nilai tambah dan keuntungan yang lebih kepada petani.

Untuk produk sayuran maupun buah, ujar Pasi Ter harus memiliki daya simpan yang baik, karena merupakan salah satu faktor yang penting, semakin bagus daya simpan dan daya tahan varietas terhadap penyimpanan dan jarak, maka akan semakin laku serta kompetitif di pasar.

Komentar

Loading...