Sawah Petani Belum Dibajak, Babinsa Posramil Indra Jaya Temui Kelompok Tani

Oleh
thumbnail (3)

Indra Jaya - Kendala kerap terjadi pada petani dalam menjalankan usahanya seperti yang dialami oleh Poktan Kumita Daya. Mereka sampai saat ini belum mengolah sawah. Mengetahui hal tersebut Babinsa Posramil Indra Jaya Dim 0114/Aceh Jaya melakukan pertemuan dengan ketua Kelompok Tani, Senin (7/5/18).

Pertemuan dilakukan di lokasi lahan Poktani Kimita Daya di Ds. Teumarem Kec. Indra Jaya. Terlihat lahan mereka sama sekali belum diolah. Lahan yang berada dipinggir jalan nasional Banda Aceh - Calang tersebut hanya ditumbuhi rumput liar.

Sertu Ishak Idris mengatakan setelah mengetahui Poktani Kumita Daya belum mengolah sawah dengan segera mengajak untuk melakukan pertemuan untuk mengetahui secara rinci permasalahannya.

" Poktani Kumita Daya belum mengolah lahan mereka, saya ajak mereka bertemu untuk mengetahui apa kendalanya. Disini ada Yahbit ( 55 ) ketua kelompok tani dan Pak Saiful ( 45) anggota kelompok tani.  Sambil kita meninjau lahan mereka disini " kata Sertu Idris.

Hasil dari pertemuan ini diketahui kendala dari para petani adalah saat ini tidak mempunyai biaya menyewa  handtractor karena pemilik handtractor meminta uang muka.

" Kendalanya saat ini petani tidak punya biaya untuk sewa hantractor. Karena jelang Muegang bulan puasa pemilik handtractor minta uang muka. Selama ini sewa handtractor dibayar sesudah panen " ungkap Sertu Idris.

" Posramil Indra Jaya punya hantractor 1 unit tapi saat ini masih dipakai di desa lain, saya sudah tawarkan ke mereka untuk memakainya jika sudah selesai yang disana. Saya juga akan coba bantu cari alat yang biaya sewanya bisa dibayar setelah panen " tambah Sertu Ishak.

Sertu Ishak juga berharap kepada petani agar jangan patah semangat. Sebisa mungkin Babinsa akan akan memberikan bantuan.

Komentar

Loading...