Melalui Kegiatan Wisata Matematika Bela Negara, Kodim 0102/Pidie Tanamkan Jiwa Nasionalisme kepada Generasi Muda

Oleh
IMG-20180419-WA0085

Pidie - Bertempat di Aula Salimuddin, Komando Distrik Militer 0102/Pidie menyelenggarakan kegiatan Wisata Matematika Bela Negara kepada siswa-siswi setingkat Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP). Kamis (19/4/18).

Sebanyak 50 orang siswa - siswi perwakilan sekolah menengah tingkat pertama dari Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya tampak bersemangat saat sampai di komplek makodim.

Sebelum kegiatan dimulai para siswa dengan di dampingi babinsa jajaran Kodim 0102/Pidie yang telah mendapatkan pembekalan Wisata Matematika Bela Negara mendapat pengarahan dari Kasdim 0102/Pidie Mayor Arm Musani S.Pd. M.Sc. tentang maksud dan tujuan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh siswa siswi peserta wisata matematika bela negara.

Adapun tujuan kegiatan WMBN agar para siswa siswi mencintai ilmu matematika dan mengetahui tentang wawasan kebangsaan, diharapkan dengan mengetahui wawasan kebangsaan tersebut nantinya para siswa - siswi yang merupakan Generasi penerus bangsa memiliki rasa cinta tanah air serta mau berbuat bagi kemajuan bangsa dan negara.

Selanjutnya Kasdim secara simbolis mengikatkan bendera Merah Putih dikepala salah satu siswa perwakilan peserta WMBN dan diikuti seluruh siswa siswi sebagai tanda peserta.

Seluruh peserta dibagi dalam beberapa kelompok team work dengan nama para pahlawan nasional, yangmana setiap kelompok terdiri dari 5 orang. Masing-masing kelompok nantinya memainkan permainan ular tangga yang didesain menggunakan hitungan matematika, dan dari setiap kocokan dadu setiap siswa harus menghitung cepat dalam waktu 10 detik, selanjutnya menjawab pertanyaan berkenaan dengan bela negara yang ada di setiap kotaknya.

Usai mengikuti permainan Ular tangga tersebut, selanjutnya puluhan siswa ini pun mendapatkan pengetahuan tentang senjata TNI AD dan permainan dinamika kelompok.

Komentar

Loading...