Babinsa Bantu Pengerajin Buat Tikar

Oleh
photo_2018-04-03_16-32-27

Kutacane- Memelopori usaha-usaha untuk kesejahteraan masyarakat, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Posramil Lawe Bulan Sertu Taufik Hidayat Sembiring jajaran Kodim 0108/Agara sedang asyik membantu pengerajin membuat tikar dengan bahan dasar daun pandan bertempat di Desa Kutabuluh Botong Kec. Lawe bulan Kab Aceh tenggara. Senin (03/04).

Kegiatan ini, dilakukan oleh Babinsa kepada masyarakat bertujuan untuk mendongkrak usaha dari tingkat kecil dan menengah sehingga kemakmuran warga yang ada di wilayah dapat terwujud.

Saat dikonfirmasi Babinsa Sertu Taufik Hidayat Sembiring mengatakan, Untuk mengikat tali silaturahmi antara TNI AD khususnya Babinsa yang ada di Wilayah Kodim 0108/Agara, sangat penting dilaksanakan kegiatan anjangsana melaui Komunikasi Sosial (Komsos) untuk mengetahui situasi keadaan wilayah baik dari segi Geografi, Demografi dan Kondisi sosial hingga wilayah terkecil yakni Desa.

Lanjutnya, Apalagi budaya pengerajin pembuat tikar, tidak segampang yang kita lihat seperti membalikkan telapak tangan dalam proses pembuatan kerajinan tersebut.

Seperti proses bersihkan dan buang duri yang ada pada daun pandan,daun pandan tersebut kemudian dipotong-potong (1cm-3cm) sesuai keinginan yang nantinya akan kita anyam, potongan-potongan daun pandan tersebut kita rebus hingga 45 menit.(agar getah pada daun menghilang dan membuat warna daun tersebut menjadi putih)

Rendam dan diamkan dalam bejana atau baskom besar yang berisi air selama satu malam, daun pandan dijemur pada terik matahari, sampai warna pada daun pandan berubah menjadi putih (warna dasar), setelah itu daun pandanpun siap diolah kembali untuk memberikan berbagai warna yang kita sukai, hingga daun pandan pun siap untuk dianyam menjadi tikar,tas,bantal kursi,alas kursi,dompet,dll. sehingga keahlian khusus diperlukan orang yang mahir, imbuhnya.

Pengerajin Lela (43) mengatakan ucapan terimakasih kepada Babinsa yang ikut terjun langsung serta membantu kami hingga usai sehingga moril kami bertambah semangat. Semoga kebaikan bapak TNI dapat dibalas oleh yang maha kuasa.

Ia berharap, Pemerintah dapat melirik dan membantu hasil buatan pengerajin tradisional tikar, dalam proses pendistribusian baik didalam maupun keluar daerah Provinsi Aceh,” ungkapnya.

Komentar

Loading...