Dandim Pidie Tinjau Peternakan Penggemukan Sapi Milik Pelda Rakimim Babinsa Koramil 23/Batee

Oleh
WhatsApp Image 2017-08-23 at 12.31.23

Pidie - Komandan Kodim 0102/ Pidie Letkol Arh Donny Indiawan SIP dengan didampingi Danramil Batee Kapten Inf Bambang Hermanto meninjau peternakan penggemukan sapi milik Pelda Rakimin anggota Babinsa Koramil 23/Batee Kodim 0102/Pidie di desa Tuha Kecamatan Batee, Selasa 22/08/2017

Pelda Rakimin saat dikonfirmasi mengatakan beranjak dari budaya Meugang masyarakat Aceh, dimana dalam kebudayaan tersebut masyarakat mempunyai tradisi memasak daging yang dinikmati bersama keluarga, kerabat, dan Anak Yatim. Yang mana tiap tahunnya ada 3 (tiga) kali dilaksanakan Meugang yaitu sebelum melaksanakn Puasa, menjelang Lebaran Idhul Fitri dan Lebaran Idhul Adha. Sehingga sudah dapat dipastikan usaha penggemukan sapi sangat menjanjikan guna memenuhi kebutuhan akan daging sapi pada saat kegiatan tersebut.

" Dalam usaha penggemukan sapinya, Pelda Rakimim menjelaskan bahwa Sapi - sapinya dikandangkan tidak dilepas seperti masyarakat Aceh pada umumnya. Guna memenuhi kebutuhan Pakan Ternak,  Pelda Rakimin memanfaatkan batang pisang yang melimpah dimana daerah Batee merupakan daerah perkebunan Pisang, serta menfaatkan Jerami padi dan   Dedak padi dengan cara difementasi "

" Yang mana Pelda Rakimin menjelaskan dalam penggemukan sapinya tiap ekornya mendapat keuntungan pada kisaran 3,5 juta hingga 4,5 Juta dalam waktu 6 hingga 8 Bulan"

Komandan Kodim 0102/ Pidie Letkol Arh Donny Indiawan SIP sangat mendukung usaha penggemukan sapi yang digeluti anggotanya, dengan begitu secara tidak langsung Prajuritnya selain mendapat keuntungan juga ikut mensukseskan Program Swasembada Daging yang di Canangkan Pemerintah.

Dandim juga memotivasi Prajurit Kodim Pidie untuk bisa juga memanfaatkan peluang usaha seperti yang dilakukan Pelda Rakimin, tanpa harus menggangu tugas yang harus dilaksanakan.

Komentar

Loading...