Prajurit Kodim 0106/Ateng Terima Materi Kesehatan RJP

Oleh
WhatsApp Image 2017-08-22 at 16.30.15

Takengon - Minggu militer, Prajurit Kodim 0106/Ateng dan Koramil se-jajaran menerima materi kesehatan Head stroke dan RJP (Resusitasi Jantung Paru) dengan satu penolong dari Kaposkes Serka Sutono, yang bertempat di Lapangan Makodim Kp. Bale Atu, Kec. Lut Tawar, Kab. Aceh Tengah, Selasa ( 22/08/2017 ).

Sebelum melaksanakan praktek lapangan Kaposkes Serka Sutono menjelaskan tentang teori dalam materi tersebut perlu di ketahui bahwa RJP merupakan metode untuk mengembalikan fungsi nafas atau sirkulasi tubuh yang terhenti dan bertujuan untuk menjaga darah dan oksigen supaya tetap beredar ke seluruh tubuh. Jika ada orang yang mengalami kecelakaan tidak bergerak atau tidak merespons tindakan penyadaran yang diberikan orang lain wajib di berikan resusitasi jantung paru. Untuk melakukannya seseorang disarankan sudah pernah menjalani pelatihan medis dasar seperti yang kita laksanakan sekarang ini.

Lebih lanjut Kaposkes menambahkan, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah kewaspadaan terhadap bahaya yang terdiri dari mengamankan diri sendiri dan melindungi pasien, mengecek kesadaran pasien baik secara verbal, nonverbal maupun rangsangan nyeri, meminta bantuan, memperbaiki posisi pasien, mengatur posisi penolong, mengecek nadi, memberikan kompres, membuka jalan nafas, memberikan nafas buatan serta evaluasi keadaan pasien setiap 5 siklus.

Menurut Serka Sutono, hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan RJP diantaranya adalah jangan berhenti lebih dari 5 detik, jangan menekan prosesus xifoideus pada ujung tulang dada, karena dapat berakibat robeknya hati, dan hindari gerakan menyentak karena kompresi harus lembut, teratur dan tidak terputus.

Komentar

Loading...