Prajurit Yonif 116/GS Melaksanakan Latihan Ketangkasan Melewati Halang Rintang

Oleh
WhatsApp Image 2017-08-16 at 13.13.09

MEULABOH. Guna untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental, prajurit Yonif 116/GS menyelenggarakan latihan ketangkasan melewati Halang Rintangan (HR) diLapangan Halang Rintang buatan Mako Yonif 116/GS yang bertempat di Desa Aleu Peunyaring Kec. Meurebo Kab. Aceh Barat. Rabu (16/8/17)

Latihan Halang Rintang ini merupakan latihan militer bagi prajurit dengan menggunakan perlengkapan yaitu senjata, hlem dan ransel dengan berat beban 5.5 Kg dengan cara melewati dua puluh rintangan buatan yang harus diselesaikan oleh prajurit dengan waktu yang telah ditentukan. Untuk bisa melaksanakan halang rintang, Prajurit harus mempunyai kekuatan otot yang kuat untuk setiap gerakan, oleh sebab itu seorang prajurit harus mempunyai fisik dan mental untuk bisa melewatinya.

Komandan Batalyon Infanteri 116/GS (Danyonif) Letkol Inf Wahyu Ramadhanus Suryawan mengatakan, bahwa Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesiapan fisik yang dimiliki prajurit Yonif 116/GS.

Danyonif menyebutkan, salah satu cara atau methoda untuk mengetahui tingkat kesiapan fisik prajurit Yonif 116/GS maka diselenggarakan kegiatan latihan halang rintang ini, sekaligus untuk meningkatkan kemampuan perorangan prajurit dalam menjaga kondisi fisik dan mental serta mempersiapkan prajurit dalam kegiatan pertandingan Peleton Tangkas TNI AD.

Danyonif menambahkan, Latihan ini merupakan hal yang biasa bagi seorang prajurit dalam mengatasi rintangan dengan maksimal, namun tidak melupakan faktor keamanan harus tetap diutamakan baik keamanan personel maupun materiil. Selain untuk membina fisik dan mental prajurit, latihan ini juga bertujuan untuk melatih kekompakan dan ketelitian antar sesama prajurit guna menjaga sportifitas dan jiwa korsa serta dapat meningkatkan kemampuan bertempur prajurit dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok di Satuan.

"Dengan dilaksanakan kegiatan latihan ini maka diharapkan prajurit Yonif 116/GS menjadi prajurit yang mahir dan tangguh serta menjadi prajurit yang profesional," tutur Letkol Inf Wahyu.

Komentar

Loading...