Babinsa Kodim 0111/Bireuen Bersama Petani Cek Saluran Irigasi Persawahan

Oleh
WhatsApp Image 2017-08-15 at 07.49.21

BIREUEN- Bintara Pembina Desa (Babinsa) Pos Ramil Simpang Mamplam Kopda Juwarso melaksanakan kegiatan pengecekan irigasi yang mengaliri air sepanjang lahan pertanian Desa Irop Kec.Simpang Mamplam.Senin (14/8/2017).

Kegiatan pengecekan irigasi merupakan bagian dari tugas pendamping desa dalam pendampingan pertanian sekaligus tanggungjawab semua sehingga petani tidak kekurangan air yang dapat mempengaruhi pertumbuhan padi, selain itu juga dalam rangka mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan agar bisa terlaksana sesuai target dengan baik.

Danpos Serma Alpian menyampaikan, pengecekan rutin penting dilakukan dan kemudian kita mengajak masyarakat untuk bersama-sama dalam membersihkan saluran irigasi yang telah banyak di tumbuhi rumput-rumput maupun sampah non organik.

"Saluran yang dipenuhi rumput dan sampah akan kita bersihkan, jangan sampai terganggu aliran air ke sawah dan masyarakat pun dapat dengan mudah untuk mengairi persawahan yang sudah berumur tiga (3) minggu srtelah masa tanam ," ungkapnya.

Terlihat babinsa Kopda Juwarso bersama Geusyik Desa Irop Saifuddin dan Ketua Pok Tani Maju Sdr Lukman sedang memperhatikan serta mengecek saluran irigasi masih dipenuhi rumput dan sampah akan mengupayakan normalisasi saluran irigasi secara manual agar memperlancar aliran air ke persawahan warga, disamping itu mengecek akan debit air guna pengairan ke sawah biar cukup sampai padi bisa panen tiba.

Komentar

Loading...