Tingkatkan Kemampuan, Prajurit Kompi Bantuan Yonif 116/GS Latihan Renmil

Oleh
WhatsApp Image 2017-08-13 at 09.25.52

MEULABOH. Dalam rangka memelihara dan meningkatkan kemampuan Renang Militer (Renmil), prajurit Kompi Bantuan Yonif 116/GS melaksanakan kegiatan Renang Militer di Kolam Renang Mayonif 116/GS desa Aleu Peunyaring Kec. Meurebo Kab. Aceh Barat. Minggu (13/8/17).

Renang militer merupakan salah satu keterampilan dan ketangkasan bagi para prajurit Yonif 116/GS yang harus dimiliki, dari tingkat dasar sampai tingkat lanjutan dan semua prajurit wajib mampu melaksanakannya, renang militer ini menggunakan perlengkapan militer seperti helm tempur, bersenjata dan pakaian militer.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya memelihara dan meningkatkan kemampuan jasmani para prajurit Kompi Bantuan Yonif 116/GS terutama kemampuan renang militer. Selain itu, renang militer juga merupakan salah satu Kegiatan yang terus ditingkatkan di satuan-satuan, Sehingga seluruh prajurit memiliki  keterampilan dan ketangkasan yang harus dimiliki karena hal tersebut merupakan tuntutan dan salah satu program kebijakan TNI AD.

Pada saat disela-sela kegiatan renang dilaksanakan, Komandan Kompi Bantuan Yonif 116/GS Kapten Inf Dodi Baihaqqi mengatakan, Kegiatan renang ini merupakan program dari satuan komando atas dalam membangun dan meningkatkan ketrampilan prajurit, dilaksanakan sesuai dengan jadwal. Sedangkan tujuannya untuk menjaga dan membina fisik setiap anggota, dikarenakan renang militer adalah bagian dari ketangkasan setiap prajurit yang harus dijaga kemampuannya dalam mendukung tugas pokok di satuan.

Selain itu Kapten Inf Dodi menambahkan kegiatan renang militer ini merupakan salah satu syarat mutlak bagi prajurit sebagai persyaratan untuk usul kenaikan pangkat (UKP) di jajaran Angkatan Darat, akan tetapi secara aplikasi di lapangan apabila prajurit dihadapkan dengan medan-medan yang penuh dengan rintangan seperti sungai dan danau, bisa melaksanakan pertempuran mendekati sasaran dengan melaksanakan berenang militer secara taktis.

"dengan latihan renang militer ini dilaksanakan secara rutin dan berkala, minimal jarak tempuh berenang 50 meter  dengan menggunakan perlengkapan lengkap secara continue, diharapkan bisa meningkatkan kemampuan renang dari masing-masing prajurit." ungkap Dankibant

Komentar

Loading...