Sosialisasi Gerakan Pengendalian OPT Padi Kodim 0108/Agara Bersama Distan

Oleh
WhatsApp Image 2017-08-03 at 21.43.28

Kutacane - Petani yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) ujung pulo bersama Babinsa Koramil 03/Badar menerima sosialisasi “Gerakan Pengendalian OPT Padi” dari Dinas Pertanian (Distan) dan di dilanjutkan Praktek di lapangan bertempat di Desa Kuta tinggi kec.Badar Kab. Aceh Tenggara. Kamis (3/8/2017)

Hal ini disampaikan pemateri oleh kepala dinas pertanian Ir.Ramli Deski mengatakan dengan mengadakan Sosialisasi pengendalian hama yang akhir-akhir ini banyak memasuki area lahan padi di Desa Kuta tinggi Kec. Badar opininya dari Masyarakat setempat. Kegiatan diawali dengan temu tani, sosialisasi tentang kesuburan tanaman, hama tanaman dan motivasi petani di lapangan.

Pengendalian hama dengan cara melakukan penyemprotan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan agar hama pada padi yang berumur baru satu bulan tersebut tidak semakin banyak dan berkembang karena hama dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi nantinya.Kabid Han Pan UPTD Banda aceh (Bapak Samsul) juga mengatakan dengan datangnya hama berupa kepinding dan hama lainnya seperti siput, keong mas serta wereng merupakan hal yang lumrah pada saat musim tanam, namun dengan adanya penyuluhan dan sosialisasi yang diadakan oleh PPL yang didampingi Babinsa, permasalahan tersebut akan bisa diatasi dengan upaya penyemprotan, perburuan atau bentuk pencegahan lainnya. ujarnya

“ Kami juga mengharapkan adanya sinergitas antara Babinsa dan PPL di lapangan serta selalu erat agar dapat menutupi kekurangan satu sama lain sehingga kerjasama yang terjalin dapat menorehkan keberhasilan berupa peningkatan produksi gabah di wilayah Kab. Aceh Tenggara,” tutupnya.

Komentar

Loading...