KODIM 0111/BIREUEN GELAR UPACARA PENUTUPAN TMMD KE-99 TA. 2017

Oleh
WhatsApp Image 2017-08-02 at 17.51.39

BIREUEN-Komandan Korem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Agus Firman Y, S.I.P., M.Si menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 tahun 2017 di Desa Cot Leubeng, Kecamatan Pandrah dan dihadiri pula oleh Bupati Bireuen H.Ruslan M.Daud, PA AHLI Hukum dan Humaniter Kolonel Caj dr. Ahmad Husein M.A, Dandim 0111/Bireuen Letkol Arm Adekson, Dansub Denpom-1-1 Bireuen Lettu Cpm Mulyadi, Kepala Pengadilan Kab. Bireuen Fauzi SH, Kajari di waskili oleh Sierranedy.S.H, Sekda Kab Bireuen Ir.Zulkipli S.T, Kakesngpol Drs.Sulaiman, Kadishub Mulyadi SE.M.Si, Kasatpol PP Fakhrurazi, Kadis Sosial Drs.Murdani, Kadis Kesehatan dr.Amir A.Dani, Kadis PU Ismunandar S.T, Kadis Komunikasi Said abdulrahman, Ketua PMI Eddy Obama,Tgk Moh Amin(Abu Tumin).Rabu 02/08/2017.

Di hadapan para hadirin, Danrem 011/Lilawangsa membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Mulyono bahwa keberhasilan dari kegiatan TMMD sangat dirasakan oleh madyarakat ataupun Pemda, sehingga Pemda bersama rakyatnys meminta agar TMMD di tambah. berdasarkan keinginan madyarakat itulah maka pada TA.2017 ini terjadi perubahan program TMMD yang semula 2 kali dalam setahun menjadi 3 kali setahun sesuai dengan surat menteri Dalam Negeri RI kepada Gubernur serta Bupati/Walikota Nomor 140/174/SJ tanggal 16 Januari.

Pada TMMD ke-99 tahun 2017 ini di kerjakan sebanyak 364 sasaran fisik berupa infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia, diantaranya adalah pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan jalan baru, rehabilitasi jalan, penbangunan rumah tidak layak huni, Tidak kalah pentingnya juga pembangunan sarana sanitasi dan pusat-pusat kegiatan masyarakat. Kesemuanya itu telah tercapai seratus persen.

Selain itu juga terdapat sasaran non-fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat, antara lain tentang Wawasan Kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, Kamtibmas, Bahaya Narkoba, Terorisme, kesejahteraan masyarakat, penanggulangan bencana alam, pertanian dan perikanan, KB dan kesehatan, serta teknologi tepat guna. Disamping itu dilakukan juga kegiatan olah raga dan kesenian, pengobatan massal, Bazar serta pembagian Sembako. Pembangunan non-fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa yang dilancarkan melalui Proxy War berupa maraknya peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, masih eksisnya bahaya terorisme, meningkatnya aksi kriminalitas secara kualitas dan kuantitas serta isu bangkitnya kembali komunisme baru. Oleh karenanya TMMD ini adalah salah satu upaya TNI AD dalam memperkuat pemberdayaan ketahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah.

Selanjutnya, rombongan Bupati Bireuen meninjau dan melihat lokasi TMMD pembangunan Box Culfert, Tiga RTLH, pengecetan mesjid Al-iklas, pembangunan jalan sepanjang 3,210 mtr dan pembangunan jalan over prestasi sepanjang 500 mtr.

Komentar

Loading...