Alami Kekeringan, Babinsa Koramil 22/Simpang Tiga Sarankan Gali Sumur Bor Sebagai Solusi

Oleh
WhatsApp Image 2017-07-28 at 15.07.41

Aceh Besar - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 22/Simpang Tiga jajaran Kodim 0101/BS Sersan Satu Mukhtar membantu mengairi sawah menggunakan mesin pompa air ke persawahan milik warga yang mengalami kekeringan di desa Ateuk Lam Ura Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Aceh Besar, Jum'at (28/07/17).

Cuaca panas yang terjadi beberapa bulan terakhir dan hujan yang tak kunjung turun hingga mengakibatkan beberapa lahan pertanian milik warga mengalami kekeringan, situasi ini memaksa para petani untuk memutar otak, mengilah daya mencari solusi untuk dapat mengairi tanaman padi di sawah.

Pengganti Sementara (Pgs) Komandan Koramil 22/Simpang Tiga Peltu Abdul Wahab Nain mengatakan, selain tadah hujan, sebagian besar lahan persawahan di wilayah Kec. Simpang Tiga bersumber dari pengairan irigasi, namun saat ini beberapa saluran irigasi mengalami kekeringan.

Menyikapi hal ini, Babinsa menyarankan kepada  para Petani untuk mengairi lahan sawahnya, melalui sumur biasa maupun pembuatan sumur bor dengan menggunakan mesin pompa air untuk menyedot air.

"Kami menyarankan kepada petani untuk menggali sumur bor sebagai salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan kekeringan lahan sawah, sehingga tidak perlu khawatir karena hujan jarang turun,"ujar Peltu Abdul Wahab.

Upaya ini dilakukan oleh para Babinsa untuk memberikan pendampingan dan dorongan kepada para Petani agar tetap semangat dalam meningkatkan produktifitas hasil panennya, guna mendukung progam pemerintah meningkatkan swasembada pangan.

Komentar

Loading...