Tingkat Hasil Panen Padi, Babinsa Koramil 25/Glp Baro Besama Distan dan Mantri Tani Pidie Melakukan Ubinan

Oleh
IMG-20170720-WA0062

Pidie - Dalam rangka untuk mengetahui tingkat keberhasilan hasil panen padi, Serma Zakaria Babinsa Koramil 25/Glp Baro Kodim 0102/Pidie Mendampingi Mantri Tani Kec.Glp Baro, Tim Badan Pusat Statistik Kab.Pidie dan Pegawai Dinas Pertanian, PPL serta Kechik desa Serkui Cibrek melaksanakan Ubinan, dengan mengambil sampel di 4 titik persawahan, di Desa Serkui Cibrek Kec. Glp Tiga. Kamis 20 Juli 2017.

Serma Zakaria mengatakan Kegiatan tersebut diawali dengan menentukan petak sawah yang akan diubin seluas 2,5 x 2,5 m, selanjutnya dilakukan panen pada petak tersebut. Dari hasil panen dari petak  sawah tersebut kemudian dibersihkan terlebih dahulu sebelum ditimbang. Hasilnya menunjukkan berat gabah kering, dari hasil Ubinan yang dilakukan kali ini tercatat 7,2 kg GKP per petak (ubin)." Berat ini lah yang nantinya akan dimasukkan dalam program pengolahan untuk mendapatkan angka estimasi produksi padi. Estimasi ini dapat dipakai sebagai acuan pemerintah dalam penentuan kebijakan ke depan, apakah terjadi kelebihan atau malah defisit beras,” ujarnya.

Sehingga dengan semikian pentingnya ubinan yang hasilnya akan mempengaruhi hajat hidup orang banyak. Karena itulah seyogyanya ubinan dilakukan dengan cara yang benar dan jujur menurut kaidah-kaidah dan prosedur yang telah ditentukan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Mantri tani kecamatan glumpang baro a.n. Nasrullah, Geuchik desa Riwat Serkui Cibrek a.n. Sulaiman Yusuf,  Tim dari BPS ( Badan Pusat Statistik)Kabupaten Pidie a.n. Yusnidar, Muzakir, Mawardi, Samir, dari dinas pertanian Kabupaten Pidie a.n. Abu hanafiah, Samsidar ( Koordinator data) dan pegawai PPL Kecamatan Glumpang Baro a.n. Taufik, Bukhari, Bustamil, Bustamiruddin, Rafiana.

Komentar

Loading...