Anggota Kodim 0104/Atim Menerima Penyuluhan Kesehatan

Oleh
WhatsApp Image 2017-07-20 at 17.44.54

Langsa – Anggota Kodim 0104/Aceh Timur menerima penyuluhan Kesehatan dari tim Kesehatan Korem 011/Lilawangsa di Garasi Serba Guna Makodim 0104/Atim yang bertempat di jalan Ahmad Yani Gampong Seulemak kecamatan Langsa Baro Kota Langsa, kamis (20/7).

Acara yang digelar pagi itu dihadiri oleh Dandenkesyah Rem 011/LW Letkol ckm dr. Nursuandy I.D, Sp.OT, Kasdim 0104/Atim Mayor Inf Luthfi Hadi, SH, Pasi Pers Dim 0104/Atim Kapten Safari beserta anggota Kodim 0104/Atim. Turut hadir Ny. Mira Haris Isya Siregar selaku Ketua Persit KCK Cabang XXI, Wakil Ketua Ny. Rahma Luthfi Hadi, Pengurus Cabang, Ketua Ranting Jajaran beserta Anggota, pemberi materi Mayor ckm dr. Arif Puguh Santoso, Sp.PD (Ketua komite medik rumkit Tk.IV IM 07.01 Lsw), dr. Andre Raihan (Dokter RS-TNI AD Tk.IV IM 07.01 Lsw).

Penyuluhan ini menerangkan tentang IMS, yang mana IMS adalah infeksi virus, bakteri, parasit yang menular lewat hubungan seksual dengan pasangan yang sudah tertular. Baik dengan lawan jenis maupun sejenis. IMS juga disebut penyakit kelamin atau penyakit kotor, namun itu hanya menunjuk pada penyakit yang ada di kelamin. Istilah Infeksi Menular Seksual lebih luas maknanya, karena menunjuk pada cara penularannya. Tanda-tandanya tidak selalu ada di alat kelamin. Tanda-tandanya juga ada di alat penglihatan, mulut, saluran pencernaan, hati,otak dan bagian tubuh lainnya, terang dr. Andre Raihan.

Apa saja jenis-jenis IMS itu antara lain GO atau kencing nanah, Klamidia, Herpes kelamin, Sifilis atau raja singa, Jengger ayam, Hepatitis,HIV/AIDS.Gejala dari IMS yaitu Keluarnya sekret atau nanah dari penis, vagina atau anus, Nyeri atau panas waktu kencing, Benjolan, Bintik atau luka pada penis, vagina, anus atau mulut, Pembekakan dipangkal paha A Peredaran setelah berhubungan kelamin A nyeri pada perut bawah (wanita) A nyeri pada buah pelir.

Bila timbul gejala tersebut diatas, kemungkinan ada IMS dan sebaiknya segera periksakan ke dokter dan diobatidan tidak dianjurkan untuk mengobati sendiri. Bila IMS tidak diobati bisa terjadi berbagai resiko seperti kemandulan, mudah terinfeksi HIV, keguguran, menularkan IMS kepada bayi yang dikandung, menularkan IMS pada pasangan, Imbuhnya.

Apa semua IMS bisa diobati? Tidak semua IMS bisa diobati. HIV/AIDS, Herpes, jenger ayam dan hepatitis termasuk jenis-jenis IMS yang tidak bisa disembuhkan. HIV/AIDS termasuk paling berbahaya. HIV/AIDS tidak bisa disembuhkan dan merusak kekebalan tubuh manusia untuk melawan penyakit apapun. Akibatnya, orang menjadi sakit-sakitan dan banyak yang meninggal karenanya, pungkas dr. Andre Raihan.

Komentar

Loading...