Koptu Seno Laksanakan Komsos Upsus Swasembada Pangan

Oleh
IMG-20170719-WA0034

REDELONG - Babinsa Pos Ramil Bukit, Koramil-11/WPS Koptu Seno sedang melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial ( KOMSOS ) dengan Petugas Penyuluh Lapangan ( PPL ) badan pertanian Kiki Hermansyah S.Tp dan anggota Staf pertanian Trumon dalam rangka koordinasi tentang Upsus swasembada ketahanan pangan nasional khusunya tanaman padi yang bertempat di kantor pertanian Desa Bale Atu, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Rabu ( 19/07/2017 ).

Danramil-11/WPS, Kodim 0106/Ateng Kapten Inf Trimo di tempat terpisah menjelaskan bahwa kemampuan Prajurit teritorial khususnya Babinsa dalam berkomunikasi dengan masyarakat dan Aparat Pemerintah Daerah serta komponen lainnya sangat diperlukan guna mewujudkan keserasian dan kebersamaan yang memungkinkan timbulnya keinginan masyarakat maupun pemerintah untuk kepentingan pertahanan.

Kegiatan Komsos yang dilaksanakan selama ini sebagai salah satu metode pembinaan teritorial serta di harapkan dapat meningkatkan kemampuan seorang Babinsa sebagai ujung tombaknya Satuan Komando Kewilayahan ( SATKOWIL ) guna terwujudnya kemanunggalan TNI-Rakyat untuk menunjang keberhasilan tugas TNI-AD.

“ Setiap melaksanakan tugas di Desa binaan baik Komsos maupun yang lainnya, Babinsa harus selalu mempedomani sikap Teritorial, Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI,” ujar.

Lebih lanjut Danramil menginstruksikan kepada Bintara Pembinan Desa (Babinsa) untuk melaksanakan pengecekan secara langsung kepada para Petani mulai dari pemilihan bibit, pengolahan tanah, penanaman, perawatan dan panen padi serta penjualan gabah ke Bulog.

Babinsa harus tanggung jawab mengawal Petani di wilayah desa binaan masing-masing dan merupakan perintah yang harus di laksanakan dari Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro S.I.P,  untuk mencapai hasil yang maksimal, seluruh Babinsa kami perintahkan ikut menemani para Petani di sawah untuk bersama-sama menanam padi sesuai dengan pola tanam dan prosedur yang benar serta mengetahui keluh kesahnya para Petani.

Dalam pelaksanaan Komsos kali ini kopda Seno secara berkelanjutan berkoordinasi dengan PPL pertanian agar hasil pertanian dapat meningkat guna mendukung suksesnya Program Upaya Khusus (UPSUS) Swasembada Pangan Nasional.

Pangan khususnya beras merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat Indonesia diantara kebutuhan lainnya, oleh karena itu kebutuhan pangan harus dapat terpenuhi agar kelangsungan hidup seseorang dapat terjamin.

Pendampingan dan pengawalan yang benar, keteladanan dan kesabaran Babinsa sangat penting dalam meningkatkan produktivitas petani, sehingga kendala petani dilapangan dapat terselesaikan dengan baik.engan demikian program swasembada pangan nasional akan segera terwujud sebagai implementasi dari tugas TNI- AD dalam mendukung program pemerintah yang saat ini sedang digalakkan.

Komentar

Loading...