FORMULASI JITU ” TMMD DAN BUDAYA, ADAT ISTIADAT DI NEGERI 1000 BUKIT ” KAB. GAYO LUES

Oleh
8cbf6ac4-cd12-4d31-b1cb-f53dd93d254c

Gayo Luwes- Negeri 1000 Bukit merupakan julukan yang tepat dan telah melekat diberikan kapada Tanah/Tano Gayo (red - Kab. Gayo Lues - Kab. Aceh Tengah - Kab. Bener Meriah) yang merupakan dataran tinggi serta mayoritas didiami olh suku/etnik Gayo yg tersebar dibeberapa wilayah (Kab. Gayo Lues - Kab. Aceh Tengah - Kab. Bener Meriah dan Lukup/Serba Jadi, A. TIMUR) dengan budaya, adat istiadat yg sangat kuat dan kental merupakan peninggalan para leluhur yg harus dipertahankan sampai ke anak cucu.

Seiring dengan perkembangan serta kemajuan jaman (era - Globalisasi) yang begitu sangat dahsyat sehingga dipastikan dapat merongrong setiap sendi - sendi dalam kehidupan bermasyarakat dimulai dari Budaya, adat istiadat, ke keluargaan dan Gotong - royong merupakan salah satunya ciri khusus yang hampir punah dan dimiliki oleh masyarakat suku Gayo.

Secara khusus bagi warga masyarakat yang berada di Desa Badak Kec. Dabun Gelang, Kab. Gayo Lues. TMMD ke - 99 yang dimotori oleh Kodim 0113/GL (selaku Bin Ops dari Korem 011/LW), unsur Pemda, Instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat serta di Komandoi langsung oleh Letnan Kolonel Inf Muhammad Faizal Nasution (Dandim 0113/GL) sebagai Dan Satgas, dengan mengerahkan seluruh daya, upaya telah dapat dan mampu mengembalikan semua bentuk budaya, adat istiadat, ke keluargaan, gotong - royong yangg hampir punah oleh kemajuan perkembangan jaman yang tidak pernah memandang dari suku, budaya, status sosial dan sisi kehidupan yang alami suatu daerah degan budaya yang dapat kental dan telah lama dipertahankan.

Dengan terlaksananya TMMD ke - 99, merupakan formulasi yang sangat jitu, akurat untuk diterapkan dalam mengatasi segala persoalan di tengah-tengah masyarakat sehingga tanpa disadari hasil dan manfaatnya sangat dirasakan langsung oleh Sdr. Aman Sindra Umur, 55 Thn, Pr, Tani, almt. Desa Badak Kec. Dabun Gelang  serta seluruh warga masyarakat lainnya, mulai dari pembangunan fisik (pembukaan jalan, lahan perkebunan, jembatan, MCK dllnya) dan juga kegiatan - kegiatan non fisik (pengajian, pengobatan gratis, pertanian/penghijauan, sosialisasi hidup sehat dsb) tanpa kita sadari dan secara signifikan telah terbentuk dan terjalinnya kembali kehidupan ber Budaya, adat istiadat, komunikasi, sifat toleransi dan gotong - royong diantara masyarakat sehingga dapat membangun kembali norma - norma adat istiadat serta Budaya yg selama ini hampir punah ditengah - tengah masyarakat yg majemuk.

Formulasi dagan tepat melalui kegiatan TMMD ke - 99, sesuatu peristiwa nyata dan telah kami terapkan mulai di dalam keluarga/famili, sahabat, tetangga dan generasi muda sebagai penerus cita - cita Bangsa, semoga hasil - hasil nyata yang telah diperoleh secara  individu maupun global dari berlangsungnya kegiatan TMMD di Desa kami, kiranya dapat di pertahankan sampai akhir hayat serta saat ini kami benar - benar tlh mengerti, memahami arti dan makna TMMD yang begitu sangat besar manfaatnya bagi sendi - sendi kehidupan ber masyarakat utk menangkis kemajuan di Era Globalisasi yang dapat menggerus semangat persatuan dan kesatuan.

Dengan kehadiran TMMD, merupakan satu - satunya program TNI yang sangat tangguh dan teruji guna menangkal segala perkembangan Era Globalisasi dan kemajuan teknologi agar tercapainya masyarakat lebih sejahtera, beriman, pemerataan pembangunan, mandiri serta memiliki budaya, adat istiadat serta wawasan Nasional, karena : Rakyat adalah Rohnya TNI. Baik bagi Rakyat terbaik bagi TNI. semoga TNI - RAKYAT tetap Bersatu dan jaya selalu. NKRI HARGA MATI. Terima kasih TNI. Do'a kami hanya untuk mu. tutupnya.

Komentar

Loading...