Pangdam IM Tutup Pelatihan Kader Bela Negara

Oleh
8c422729-8910-4422-a644-dacde5bc9df8

Aceh Besar-  Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Fachrudin S.Sos menutup pelatihan kader bela negara bertempat  dilapangan Mako Dodik Belanegara Rindam Iskandar Muda. Sabtu (15/7/17).

Dalam amanatnya Pangdam menyampaikan, berkenaan dengan telah selesainya kegiatan pelatihan kader bela negara tingkat SLTA ini, atas nama Pangdam Iskandar Muda dan Pribadi, mengucapkan selamat dan terima kasih atas keseriusan para peserta dalam mengikuti kegiatan ini.

Dikatakan Pangdam, pelatihan kader bela negara yang telah dilaksanakan selama kurang lebih empat hari merupakan dasar dari implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam sikap, keterampilan dan kedisiplinan, serta kepemimpinan generasi muda yang akan menjadi generasi penerus bangsa yang tentunya diharapkan dapat melanjutkan pembangunan pada masa yang akan datang.

Lanjut Pangdam, kegiatan pelatihan kader bela negara ini dimaksudkan untuk membangun watak dan karakter generasi muda agar memiliki rasa cinta tanah air, memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, setia pada pancasila sebagai ideologi negara.Selain itu, juga memberikan kemampuan awal bela negara baik secara psychis maupun fisik kepada generasi muda, sehingga tidak mudah di pengaruhi oleh kemajuan teknologi yang negatif, paham radikalisme, bahaya narkoba dan HIV, maupun penyalahgunaan medsos.

Lebih lanjut dikatakan Pangdam, sebagai kader bela negara harus  dapat beradaptasi dengan tuntutan pergerakan civil society, yakni menjadi bagian dari kekuatan perubahan dan sekaligus tetap menjadi sebagai komponen yang dinamis dalam mengisi peran dan fungsi yang komplementer bagi bela negara.

Pangdam berharap,  apa yang telah diberikan hendaknya dapat dimengerti, dipahami , ditindaklanjuti dan  pada akhirnya dapat dijadikan suatu pegangan dalam kehidupan sehari-hari, serta berikan suri tauladan kepada rekan-rekan pelajar lainnya, berbuat yang terbaik untuk sekolah pada khususnya dan di lingkungan masyarakat pada umumnya.

Perlu diketahui, pelatihan kader bela negara tersebut diikuti sebanyak 240 siswa dan siswi setingkat SLTA yang berasal dari SMU Ruhul Islam Anak Bangsa dan Sekolah Pesanteren Dayah Masyraf. Sebelumnya pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Danrindam Iskandar Muda Kolonel Inf Niko Fahrizal bertempat di Lapangan Mako Dodik Belanegara Rindam IM pada Kamis 13 Juli 2017 lalu.

Turut hadir dalam penutupan kader bela negara, Kasdam IM, Irdam, Danrindam IM, para Pa Ahli Pangdam, para Asisten Kasdam IM, Kabalakdam IM, Danrindam IM, Dandim 0101/BS, wakil Bupati Aceh Besar, kepala sekolah serta para guru SMU Ruhul Islam Anak Bangsa dan Sekolah Pesanteren Dayah Masyraf.

Komentar

Loading...