Pangdam IM Berikan Pembekalan Kepada Peserta Pelatihan Kader Bela Negara

Oleh
31ed3c0f-43b2-4771-b5d2-69dc7fdd1048

Aceh Besar- Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Fachrudin S.Sos, memberikan pembekelan wawasan kebangsaan, Cinta Tanah Air dan Bela Negara kepada 240 siswa dan siswi tingkat SLTA yang mengikuti pelatihan kader bela negara bertempat di Aula Jendral Soedirman Dodik Belanegara Rindam Iskandar Muda. Sabtu (15/7/17).

Dalam kesempatan tersebut Pangdam menyampaikan, empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Selain itu Pangdam juga menyampaikan tentang Wawasan kebangsaan dan Bela Negara serta  tentang bahaya proxy war.

Pangdam menyebutkan, salah satu contoh pancasila yang pertama yaitu Ketuhanan yang maha Esa, jadi Indonesia adalah negara yang berdasarkan ketuhanan, Indonesia adalah negara yang memberikan kebebasan warga negaranya untuk memeluk agama yang di yakini sesuai dengan peraturan perundang -undang yang telah di tetapkan menghargai perbedaan karna perbedaan itulah yang menyatukan kita.

“ Jadi indonesia adalah negara yang berdasarkan ketuhanan, indonesia adalah yang memberikan kebangsaan warga negara untuk memeluk agama yang diyakini,” sebut Jenderal Bintang Dua ini.

Selanjutnya Pangdam juga menyampaikan, tentang bahaya proxy war atau perang tanpa bentuk, Pangdam menyebutkan Proxy war terjadi di Indonesia melaui beberapa cara, di antaranya narkoba, konflik antar kelompok maupun terorisme.Narkoba menjadi salah satu proxy war yang paling membahayakan dan menjadi bisnis terbesar di Indonesia. Indonesia masih bisa keluar dari ancama proxy war dengan berkomitmen menjadi negara agraris, maritim, dan industri. Pangdam mengajak para generasi muda untuk menjadi agen perubahan dan pemersatu bangsa.

Dihadapan para peserta latihan Pangdam mengatakan, kalian adalah generasi emas menuju Idonesia emas 2045, kalian adalah penerus generasi yang di harapkan di masa yang akan datang, kalian adalah pemersatu bangsa.

“ Untuk itu kalian harus mempersiapkan diri  dengan cara belajar dengan baik , tekun semangat , disiplin bertakwa kepada tuhan yang maha esa, karna indonesia kedepan adalah tanggung jawab kalian pemuda pemudi indonesia,” papar Panglima Kodam Iskandar Muda.

Dalam hal ini, TNI AD dan jajaranya membentuk generasi muda bangsa yang verkarakter dan berwawasan kebangsaan serta menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat ke Bhineka Tunggal Ika-an guna menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“ TNI AD dan jajaranya membentuk generasi muda bangsa yang verkarakter dan berwawasan kebangsaan guna menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutup Mayjen TNI Moch. Fachrudin S.Sos.

Pemberian pembekalan Wasbang kepda para pelajar tersebut turut dihadiri, Kasdam IM, Irdam, Danrindam IM, para Pa Ahli Pangdam, para Asisten Kasdam IM, Kabalakdam IM, Danrindam IM, Dandim 0101/BS, wakil Bupati Aceh Besar, kepala sekolah serta para guru SMU Ruhul Islam Anak Bangsa dan Sekolah Pesanteren Dayah Masyraf.

Komentar

Loading...