Kasrem 012/TU Dampingi Tim Geologi dan Tanah serta Mifa cek Tanah Berasap di Yonif 116/GS

Oleh
WhatsApp Image 2017-07-14 at 10.49.56

Alue Peunyaring — Kasrem 012/TU beserta para Kasi Korem 012/TU dan didampingi Wadanyon 116/GS mendamping Tim Geologi dan Tanah serta Mifa mengecek lubang yang menyemburkan asap dari dalam tanah yang terdapat disekitar gudang senjata Yonif 116/GS, Jumat (14/07/2017).

Wadan Yonif 116/GS Kapten Inf Dian Dessiawan Setyadi, S.Sos mengatakan, asap dari lubang tanah itu sudah terjadi sejak sepekan, Fenomena semburan asap yang keluar seperti asap rebusan itu terlihat jelas.

“Asap muncul dari dalam tanah yang terbelah, menurut informasi dari lubang-lubang itu sebelumnya adalah bekas tunggul tanaman teh tua yang sudah dicabut untuk diremajakan,” kata Wadanyon.

Kasrem 012/TU Letkol Inf Yudiono, S.Ag, mengatakan bahwa Danrem 012/TU juga telah mengecek dan membenarkan kemunculan lubang tersebut, bahkan ditegaskannya situasi tersebut telah dilaporkannya kepada pihak ESDM Kab.Aceh Barat dan selanjutnya Badan Geologi di Aceh Barat untuk segera di teliti apakah lubang itu lubang semburan gas berbahaya atau tidak.

“Dinas terkait di Kab. Aceh Barat juga sudah mengirimkan petugasnya untuk meninjau langsung temuan tersebut, hasilnya untuk sementara diduga lubang itu belum bisa dikatakan lubang gas karena tidak ada bau belerang yang keluar,” jelasnya.

Menurut dari Tim Geologi, semburan asap panas tersebut bisa saja terjadi dikarenakan adanya potensi panas bumi dan dikarenakan lokasi munculnya lubang-lubang merupakan tanah gambut yang mudah terbakar.

Lanjutnya, Tahap sekarang baru pengecekan, dari tim merencanakan akan diisolasi sekitar tanah yang mengeluarkan asap selanjutnya baru dibongkar tempat yang mengeluarkan asap dengan menggunakan alat berat.

Komentar

Loading...