PENINJAUAN RENCANA POSKO CETAK SAWAH BARU KODIM 0116/NARA

Oleh

Suka Makmue, Dalam beberapa tahun terakhir kebutuhan pangan terus meningkat, sedangkan alih fungsi lahan sawah setiap tahun terjadi secara massif pada areal persawahan yang cukup luas. Oleh karena itu, upaya penambahan baku lahan tanaman pangan melalui perluasan sawah menjadi sangat penting dalam upaya mempercepat pencapaian surplus beras nasional.

Mengingat perluasan sawah merupakan investasi publik, maka dalam pelaksanaannya diperlukan kerjasama berbagai pihak baik tingkat pusat maupun daerah. Bahkan sejak beberapa waktu terakhir ini tentara pun dilibatkan, yakni melalui kegiatan “Tentara Mendukung Ketahanan Pangan (TMKP)". Keterlibatan jajaran TNI diharapkan mampu memberikan akselerasi demi tercapainya target perluasan sawah dalam waktu yang cepat, tepat dan berkualitas.

Kodim 0116/Nagan Raya selaku aparat kowilayahan telah melakukan langkah-langkah konkrit dengan bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Nagan Raya dengan merencanakan program cetak sawah baru sesuai dengan petunjuk dari pusat. Kamis (13/7).

Langkah pertama yang telah di laksanakan adalah perencanaan membuat Posko Cetak sawah di masing-masing wilayah kerja /zona.

Salah satu contoh adalah Koramil 09/Seunagan Timur, dengan mengecek rencana Posko Cetak Sawah di desa Krueng Kulu, Kecamatan Seunagan Timur. Rumah yang akan dijadikan Posko adalah milik kelompok tani desa Krueng Kulu dengan Junaidi sebagai ketua kelompoknya.

Diharapkan dengan adanya posko ini program Cetak sawah baru dapat berjalan maksimal.

Komentar

Loading...