Personel Baru Ajendam Iskandar Muda Melaksanakan Tradisi Korps Masuk Satuan

Oleh
WhatsApp Image 2017-07-06 at 22.10.38

Banda Aceh - Salah satu variable dalam keefektifan organisasi dan kinerja satuan tentunya dimulai dengan budaya organisasi yang sehat dan harmonis. Banyak yang berpendapat bahwa budaya organisasi merupakan ideologi yang menyatukan suatu organisasi dan merupakan bentuk dari interaksi sosial yang dipengaruhi oleh seluruh anggota organisasi.  Budaya organisasi sendiri memiliki fungsi yaitu menyampaikan rasa identitas diri kepada anggota-anggota organisasi, meningkatkan ikatan sosial untuk mengikat kebersamaan dan membentuk perilaku serta sikap anggota dalam organisasi tersebut.

Ajendam IM merupakan badan pelaksana Kodam yang bergerak pada bidang penyelenggaraan administrasi personel, administrasi umum dan kesejahteraan moril jajaran Kodam IM. Satuan Ajendam IM tentunya memiliki budaya organisasi dimana budaya tersebut muncul, berkembang dan terpelihara dengan baik guna terjalinnya kerjasama antar personel satuan. Salah satu bentuk kegiatan dalam membentuk dan memelihara budaya organisasi kepada personel baru yang bergabung dengan satuan Ajendam IM maka, dilaksanakan tradisi korps masuk satuan.

Tradisi Korps kepada personel baru sebanyak dua puluh orang yang terdiri dari golongan Perwira, Bintara dan Tamtama merupakan personel yang masuk setelah mengikuti pendidikan pertama, pendidikan alih golongan maupun personel yang pindah satuan. Kegiatan tradisi dilaksanakan dengan melaksanakan ketahanan mars sejauh 20 KM. selanjutnya dilaksanakan acara penyambutan seluruh personel Ajendam IM diiringi lagu “selamat datang” oleh Korsik dan penyambutan personel baru oleh Kaajendam IM diwakili oleh Wakil Kepala Ajendam IM Letnan Kolonel Caj Nana Priyatna secara seremonial. Acara dilanjutkan dengan pengarahan disertai siraman air bunga (pesejuk) kepada seluruh personel baru. Makna kegiatan siraman tersebut adalah tanda bahwa personel yang baru menjadi warga Ajudan Jenderal dengan hati dan jiwa yang bersih.

Kegiatan dilanjutkan dengan meminum air kelapa yang memiliki makna dikukuhkannya personel baru menjadi warga Ajudan Jenderal yang memiliki jiwa budi dharma bhakti. Budaya tradisi korps masuk satuan Ajendam IM dimaksudkan untuk menumbuh kembangkan jiwa kebanggaan satuan (esprite de corp) sehingga terciptanya rasa loyalitas, kebanggaan dan semangat akan kesatuan oleh warga baru Ajendam IM. Hal ini menyangkut pada pengabdian dan tanggungjawab kepada satuan.

Acara diakhiri dengan pembacaan doa dan pemberian ucapan selamat datang kepada warga baru Ajendam IM disertai dengan salaman oleh seluruh personel satuan. Diharapkan dengan rutinnya kegiatan tradisi ini dapat meningkatkan jalinan kerjasama dan hubungan persaudaraan warga Ajudan Jenderal.

Komentar

Loading...