Kebakaran Lahan Di Suak Puntong Dapat Diatasi

Oleh
WhatsApp Image 2017-07-05 at 18.40.30

Suka Makmue- Babinsa Kodim 0116/Nagan Raya yang berada di wilayah Posramil Kuala Pesisir bersama instansi terkait dan masyarakat setempat berhasil memadamkan api yang membakar perkebunan kelapa sawir milik warga bernama H. Amran, di desa Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir, Rabu (5/7).

Kebakaran yang terjadi ini melalap perkebunan sawit milik warga setempat seluas kurang lebih 20 Hektar. Kejadian ini diketahui berawal dari seorang warga setempat pada pukul 17.40 Wib dan langsung melaporkan kejadian ini ke Babinsa setempat.

Menanggapi laporan dari warga, Babinsa Posramil Kuala Pesisir Koptu Nanang datang ke lokasi utk membantu masyarakat memadamkan api dengan alat seadanya. Setelah tiba di lokasi, Koptu Nanang segera melaporkan hal tersebut kepada Danposramil Kuala Pesisir, Serma Suwandi serta berkoordinasi dengan Kepala Desa untuk meminta bantuan Pemadam Kebakaran dan BPBD serta melokalisir agar kebakaran tidak meluas ke permukiman warga.

Sejurus kemudian datang 1 unit mobil pemadam kebakaran bersamaan dengan tim BPBD Nagan Raya dan Tim Tagana.

Berkat kesigapan dari semua pihak yang ada di lokasi kejadian akhirnya pada pukul 18.30 Wib, api dapat dipadamkan dengan bantuan 2 unit mobil pemadam kebakaran Pemda Bangli serta kerjasama antarinstansi terkait dengan masyarakat setempat.

" kami menghimbau kepada pemilik lahan sawit di wilayah suak puntong tidak membakar lahan apabila membuka lahan baru, karena lahan gambut sangat rentan terbakar apalagi sekarang musim kemarau panjang," ujar Serma Suwandi

Komentar

Loading...