Personel Topdam IM Melaksanakan Pemeliharaan Tugu Trianggulasi

Oleh
WhatsApp Image 2017-06-20 at 22.08.54

Banda Aceh- Tugas Pokok Topdam Iskandar Muda selain menyelenggarakan penyediaan dan penyajian Informasi geografi/medan wilayah Kodam dalam bentuk pembaharuan ( revisi ) peta topografi, data dan analisa medan serta pembuatan produk topografi lainnya, juga melaksanakan inventarisasi dan pemeliharaan tugu-tugu trianggulasi yang tersebar diseluruh wilayah Kodam IM.

Untuk Program Kerja Pemeliharaan Tugu Trianggulasi TA. 2017 dilaksanakan pemeliharaan tugu trianggulasi di Kodim 0103/Aceh Utara. Selasa (20/6/17).

Tugu-tugu trianggulasi yang menjadi sasaran inventarisasi dan pemeliharaan kali ini adalah type sekunder dan type tersier dengan nomor  S. 219  dan T. 3191.

Tugu trianggulasi yang ada saat ini merupakan peninggalan Belanda yang dulu pernah berkuasa di bumi Indonesia, gunanya adalah sebagai titik kontrol untuk pemetaan dari ujung barat Aceh sampai dengan ujung timur Lampung.Sampai saat ini tugu-tugu trianggulasi tersebut masih digunakan oleh Topdam Iskandar Muda untuk melaksanakan revisi peta Topografi kedar 1 : 50.000 dan sebagai acuan agar tidak terjadi penyimpangan dalam merevisi peta.

Katopdam Iskandar Muda Kolonel Ctp Drs. Soehardjito HS, M.Sc. berpesan kepada personel Topdam IM yang melaksanakan inventarisasi dan pemeliharaan tugu-tugu trianggulasi agar dalam kegiatan selalu berkoordinasi dengan satuan territorial setempat serta masyarakat agar ikut menjaga kelestarian tugu-tugu trianggulasi tersebut dengan tidak merusak dan memindahkannya, karena ada anggapan dari beberapa masyarakat bahwa tugu-tugu peninggalan Belanda tersebut tempat penyimpanan harta dijaman Belanda, sehingga sering ditemukan tugu-tugu trianggulasi yang hilang karena digali orang yang tidak bertanggung jawab.

Komentar

Loading...