Bentuk Generasi Muda Pancasilais, Kodim 0114/Aceh Jaya Gelar Pekan Pancasila

Oleh
DSC_0322

Calang - Kodim 0114/Aceh Jaya menyelenggarakan Pekan Pancasila yang diikuti pelajar SMA Negeri 1 Calang di Desa Gampong Blang Kec. Krueng Sabee Kab. Aceh Jaya, Jumat (09/06/2017).

Kasdim 0114/Aceh Jaya Mayor Inf Drs. Wawan Hermawan memberikan pembekalan di SMA Negeri 1 Calang yang dihadiri oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Calang Bapak Tarmizi M.Pd, Ustadz Nova Guru Agama dan Siswa - Siswi SMA Negeri 1 Calang.

Mayor Inf Drs. Wawan Hermawan dalam kegiatan Pekan Pancasila menyampaikan materi tentang sejarah Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dengan tujuan agar generasi muda - mudi Indonesia memahami dan setia kepada Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Bangsa, Falsafah dan Pedoman Hidup Bangsa Indonesia, sehingga dapat tercermin di dalam kehidupan sehari - hari serta terwujud nyata dilingkungan masyarakat maupun di sekolah.

Pekan Pancasila harus dimanfaatkan sebaik mungkin bagi setiap orang untuk memahami Pancasila sebagai Landasan hidup serta dalam berpola pikir dan jangan sampai nilai - nilai yang terkandung dalam Pancasila hanya dijadikan hafalan serta pelajaran dan ujian sekolah saja. Para pelajar harus mengetahui dan memahami tentang keberagaman yang ada di Indonesia, baik itu keberagaman suku, Agama, adat istiadat, budaya dan bahasa daerah yang tersebar dari Sabang hingga Merauke yang bersatu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dengan adanya  keberagaman tersebut, kita sebagai warga NKRI, tidak boleh menjadi penghalang untuk terwujudnya hidup rukun, damai, saling tolong menolong, gotong royong dan lain - lain, sesuai dengan penerapan nilai - nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Sementara itu, Bapak Tarmizi M.Pd Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Calang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 0114/Aceh Jaya, karena sudah memberikan pelajaran serta pemahaman terhadap Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika melalui kegiatan Pekan Pancasila bagi Siswa dan Siswi di SMA Negeri 1 Calang.

“Memang sebagai generasi penerus bangsa, para pelajar harus diingatkan kembali tentang nilai - nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, sehingga nantinya mereka bisa menerapkannya dalam pergaulan sehari-hari baik di sekolah maupun di lingkungan hidup masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya,Pekan Pancasila ini adalah kegiatan yang sangat positif, karena mereka nantinya bisa mengerti dan memahami, sehingga dapat menghargai tentang berbagai perbedaan yang ada di Indonesia, serta menjauhkan terjadinya perpecahan yang bisa menghancurkan bangsa Indonesia.

Secara terpisah, Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letnan Kolonel Kav Haerus Shaleh S.Sos menyampaikan, bahwa kegiatan ini sebagai tindaklanjut dari perintah pimpinan untuk menyelenggarakan Pekan Pancasila di wilayah masing - masing dengan mengusung tema “Aku Indonesia, Aku Pancasila”.

“Hal ini untuk menguatkan, memperkenalkan dan mengingatkan para generasi muda - mudi Aceh Jaya tentang dasar negara Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika serta untuk menarik kembali minat para generasi muda – mudi Aceh Jaya dan seluruh masyarakat terhadap Pancasila, sehingga nilai - nilai yang terkandung dalam Pancasila itu sendiri bisa dipahami dan dilaksanakan baik di lingkungan sekolah, masyarakat maupun dalam berorganisasi khususnya yang ada di sekolah seperti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan organisasi lainnya,” ucap Dandim.

Komentar

Loading...