Pangdam IM : Perwira Intelijen Harus Memiliki Wawasan dan Kemampuan Analisis Intelijen yang Cermat dan Akurat

Oleh
WhatsApp Image 2017-06-07 at 14.57.03

Banda Aceh - Asisten Intelijen (Asintel) Kodam Iskandar Muda Kolonel Inf Hendriyadi mewakili Pangdam IM Mayjen TNI Moch. Fachrudin, S.Sos membuka Pembekalan Pengetahuan Kemampuan Analisa Intelijen (PPKAI) di Aula Rindam IM, Mata Ie, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, Rabu (7/6/17).

Kegiatan yang berdorasi 6 hari ini dihadiri 40 peserta yang terdiri dari perwira seksi intelijen dari satuan tempur dan satuan teritorial jajaran Kodam Iskandar Muda.

Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Fachrudin, S.Sos dalam amanatnya yang dibacakan Asintel Kolonel Inf Hendriyadi menyampaikan, pembekalan pengetahuan kemampuan analisa intelijen ini akan dilaksanakan selama 5 hari, dengan tujuan meningkatkan kemampuan aparat intelijen jajaran Kodam Iskandar Muda dalam menyajikan analisa kepada pimpinan tentang perkembangan situasi yang meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi, sosbud dan hankam.

Selain itu juga diberikan pengetahuan tambahan tentang ado, aspek intel ter dan intel tempur, peta situasi dan tabulasi data, tehnik analisa dan kirka intel.

Dengan adanya pembekalan pengetahuan kemampuan analisa intelijen ini, diharapkan kepada para perwira intelijen memiliki wawasan dan kemampuan analisis intelijen yang cermat dan akurat, sehingga diharapkan mampu  melakukan analisa jauh kedepan atas setiap permasalahan yang akan muncul dihadapkan dengan perkembangan situasi dan kondisi yang berlaku, sehingga tugas - tugas satuan intelijen dapat terlaksana secara komprehensif serta analisa yang dihasilkan dapat bermanfaat terhadap ketepatan pengambilan ke-putusan yang dilakukan oleh pimpinan.

Dikaitkan dengan tuntutan profesionalisme untuk mengimbangi dinamika kehidupan di masyarakat pada saat ini, maka pembekalan penge-tahuan kemampuan analisa intelijen seperti ini sangatlah diperlukan karena sebagai aparat intelijen harus cerdas, berwawasan luas, tanggap dan antisipatif terhadap situasi dan kondisi lingkungan serta dinamika tugas yang ada.

Mencermati tantangan tugas ke depan dihadapkan dengan perkem-bangan situasi global dan regional, saya mengingatkan kepada setiap aparat intelijen, agar lebih peka dalam mencermati situasi yang ber-kembang, lakukan cegah dini dan deteksi dini sebaik mungkin agar kita khususnya kodam iskandar muda tidak kecolongan terhadap berbagai isu-isu nasional dan daerah khususnya di wilayah Kodam Iskandar Muda.

Kuasai berbagai peraturan dan kebijakan pimpinan di bidang Intelijen dan bidang lain sebagai bahan dan referensi untuk meningkatkan daya analisa para Perwira sekalian, tingkatkan sinergitas dan soliditas serta selalu melakukan koordinasi dan komunikasi dengan community intelijen lainnya.

“Sebab setiap perwira intelijen harus mampu membangun dialog, melakukan interaksi dan komunikasi dengan sesama, serta semua lapisan masyarakat agar ter-cipta suasana yang kondusif yang langsung menyentuh kepentingan satuan maupun kepentingan masya-rakat, bangsa dan negara,” pungkas Pangdam.

Hadir Wairdam,  Para Waas, Para Wakabalak, Kasandi, Kasdim 0101/BS dan Dandeninteldam Iskandar Muda.

Komentar

Loading...