Kodim 0113/Galus Gelar Giat Pekan Pancasila

Oleh
WhatsApp Image 2017-06-07 at 18.24.52

Gayo Lues. Sebanyak 60 Siswa/i SMA Negeri 1 Tripe Jaya mengikuti kegiatan Pekan Pancasila yang di selenggarakan oleh Kodim 0113/Gayo Lues  di lokasi sekolah setempat , Rabu (7/6/2017).

Menurut Danramil 06/Tripe Jaya Kapten Arh I Wayan Ardibawa selaku koordinator kegiatan menuturkan,  kegiatan ini diselengarakan dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila dan guna menumbuhkembangkan semangat dan kepribadian Pancasila di kalangan generasi muda, khususnya pelajar.

Selain itu, Pekan Pancasila diselenggarakan untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila dan untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila, sehingga diharapkan seluruh komponen Bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kapten Arh Wayan menjelaskan, Pancasila juga merupakan Jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia, karena Pancasila memberikan corak yang khas kepada bangsa Indonesia dan tak dapat dipisahkan dari bangsa Indonesia, serta merupakan ciri khas yang dapat membedakan bangsa Indonesia dari bangsa yang lain.

“Oleh karena itu, sangat penting untuk menanamkan jiwa dan kepribadian Pancasila kepada para generasi muda, sehingga nantinya mereka dapat tumbuh dan mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila, sebagai bekal mereka sebagai generasi penerus bangsa,” ujar Kapten Arh Wayan.

Pada kesempatan tersebut, pihak sekolah SMA Negeri 1 Tripe Jaya mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan Pekan Pancasila, yang tentunya sangat bermanfaat bagi anak asuhnya dan mengharapkan kegiatan positif tersebut dapat terus dilanjutkan.

Adapun materi yang diberikan dalam kegiatan Pekan Pancasila tersebut antara lain Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Pancasila, Wasbang Bhinneka Tunggal Ika. Materi permainan Outboud diantaranya Peraturan Baris Berbaris (PBB), water estapet, permadani terbang, tongkat estapet, bola tali dan Holahop.

Komentar

Loading...