Kodim Pidie Peringati Hari Lahirnya Pancasila

Oleh
WhatsApp Image 2017-06-01 at 08.57.21

Pidie - Kodrat dan Takdir bangsa Indonesia adalah keberagaman, terdiri berbagai macam etnis, bahasa, adat istiadat, agama, keparcayaan dan golongan yang bersatu padu membentuk Indonesia, itulah ke Bhineka Tunggal Ika-an kita.

Dengan Pancasila Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur ditengah kemajemukan.

Demikian petikan amanat Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo yang disampaikan Perwira penghubung (Pabung) Kodim 0102/Pidie Mayor Inf Affiansyah selaku irup pada upacara memperingat Hari Lahirnya Pancasila ke 72, Kamis 01 Juni 2017.

Upacara dilaksanakan penuh hikmat dari mulai pengibaran bendera, pembacaan Pancasila dan UUD 45. Semua terlihat hikmat baik petugas upacara maupun peserta upacara. Sebagai Komandan Upacara Kapten Inf IGP.Wira Mahardika sehari -hari menjabat sebagai Perwira Seksi 2/Operasi Kodim Pidie.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Pabung tersebut disampaikan Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang di pidatokan Ir.Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan Rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para Founding Father, para Ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun keaepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

Namun kehidupan  berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan, ke Bhinekaan kita sedang di uji adanya sikat tidak toleran dan anti pancasila serta di perparah dengan penyalahgunaan media sosial untuk menyebarkan hoax alias kabar bohong yang bermaksud memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Untuk itu diperlukan komitmen dari seluruh komponen bangsa untuk menjaga Pancasila dengan meningkatkan Pemahaman dan Pengamalan pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selamat hari lahir Pancasila. Kita Indonesia, kita Pancasila. Semua anda Indonesia,semua anda Pancasila. Saya Indonesia, saya Pancasila.

Komentar

Loading...