Anggota Kodim 0108/Agara Menerima Penyuluhan Budidaya Ikan Lele

Oleh
WhatsApp Image 2017-05-31 at 8.25.22 PM

Kutacane – Upaya untuk meningkatkan swasembada pangan, Kodim 0108/Agara Triwulan-ll Ta. 2017  menerima penyuluhan dari Dinas Perikanan dalam bentuk membudidayakan ternak ikan lele yang baik dan benar, yang dilaksanakan bertempat di Aula Balai Perikanan Desa Lawe Bekung kec. Badar Kab. Aceh Tenggara. Rabu (31/5/17).

Dalam penyelenggaraan pembinaan ketahanan pangan mengangkat Tema “Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan Mari Kita Dukung Upaya Pemeritah Dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan Nasional Dengan Menfaatkan Sumber Daya Alam Sesuai Dengan Kearifan Lokal ".

Dandim 0108/Agara Letkol Kav Joni Hariadi, S.E, S.T.opsla yang di wakili oleh Kapten Inf Aspudin mengucapkan terima kasih kepada Balai Dinas Perikanan sudah menerima kami untuk belajar membudidayakan ikan lele guna  mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Aceh Tenggara.

Dalam pelaksanaan penyuluhan perikanan pemateri dibawakan oleh Istratul Qiro S.Pdi yang pada intinya, mengajarkan tentang cara masukkan air, penyeterilan air kolam menjadi steril, setelah 3 hari, tambahkan volume air ke dalam kolam dan sesuaikan dengan jumlah maupun ukuran bibit ikan lele yang akan ditebar, Kemudian tuangkan pupuk organik dalam air kolam, hingga air berubah warnanya menjadi bening kehijauan.

Setelah air berubah warna bibit lele pun siap untuk ditebar. Kemudian memilih benih bibit unggul, dan memberikan pelet (pakan ikan) semakin baik kualitas air kolam, semakin tinggi jumlah benih yang bisa ditampung,” jelas Istratul.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri ratusan orang diantarnya Dandim 0108/Agara yang di wakili oleh Pasi Ter Kapten Inf Aspudin, Danramil 03/BDR Letda Inf Abdul Rahman, Pa Sandi Letda Inf Sarudin, Istratul Qiro S.Pdi (sebagai narasumber), serta para Danpos Ramil jajaran Kodim 0108/Agara.

Komentar

Loading...