Koramil 09/Trumon Lakukan Panen Jagung Perdana

Oleh
IMG-20170529-WA0115

ACEH SELATAN - Aspek paling sulit dari memanen jagung adalah pengaturan waktu. Walau sebenarnya proses memanen cukup mudah. Di dalam proses penanaman bibit jagung hingga panen membutuhkan waktu sekitar 4,5 (empat setengah ) bulan.

Hal tersebut telah dilakukan oleh Koramil 09/Trumon, yang dipimpin langsung Danramil 09/Trumon Kapten Inf M.Nasir, dengan mengolah lahan pinjaman dari masyarakat, mampu membudiayakan tanaman jagung di lahan seluas 2 (dua) hektar. Sekarang jagung tersebut sudah mencapai umur 4,5 (empat setengah) bulan. Sesuai dengan jadwal panen yang telah ditetapkan oleh BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) kecamatan trumon pada saat penanaman bibit jagung pada (14/01/2017) lalu di lokasi tanam jagung milik Koramil 09/Trumon, dengan taksiran panen sekitar akhir bulan Mei 2017.

Maka dari itu, Koramil 09/Trumon  melaksanakan panen jagung perdana dilahan seluas 2 hektar yang didampingi BPP Trumon , bertempat di Desa Pulo Paya dan Kuta Baro, Kecamatan Trumon Induk, Kabupaten Aceh Selatan, Senin (29/05/2017).

Acara panen jagung tersebut merupakan perlombaan pertanian dan pada penanaman jagung  untuk wilayah Trumon yang di adakan oleh Kodim 0107/Aceh Selatan untuk seluruh Koramil jajaran dengan tujuan menjadikan contoh kepada petani dan untuk membangkitkan semangat serta motivasi petani dalam meningkatkan ketahanan pangan.

Dandim 0107/Aceh Selatan melalui Danramil 09/Trumon Kapten Inf M.Nasir menyampaikan bahwa Tanaman jagung merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang mendapat prioritas untuk dikembangkan.

"jagung ini sudah menjadi konsumsi nasional, kedudukannya disamping dapat digunakan sebagai makanan pokok kedua setelah padi, juga dapat dipergunakan sebagai suplemen makanan ternak dan bahan baku industri," terangnya.

Selain itu, tambah Danramil, panen jagung ini merupakan hasil tanam para Babinsa Koramil 09/Trumon yang di lakukan 4 (empat) bulan yang lalu yaitu tanggal 14 januari 2017, pemupukan pertama tanggal 03 Februari, pemupukan kedua di lanjutkan penyemprotan hama jagung tanggal 1 Maret dan panen jagung pertama tanggal 29 Mei 2017.

"Tidak ada kendala berarti yang dihadapi selama proses penanaman hingga panen . Ini murni dilakukan oleh anggota Koramil," tutu Danramil.

Panen jagung hari ini adalah yang pertama dan untuk pencapaian hasil panen mendapat 30 karung jagung belum di rontokkan.

Komentar

Loading...