Tradisi Meugang Kodim 0101/BS

Oleh
P_20170526_072435_vHDR_Auto

Banda Aceh - Anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/BS melaksanakan penyembelihan hewan bertempat di halaman Markas Kodim 0101/BS jalan Sultan Alaidin Mahmudsyah No. 32 Gampong Baro Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh, Jum'at (26/5/2017).

Penyembelihan hewan tersebut adalah dalam rangka tradisi "Meugang" menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1438 H, yaitu tradisi dimana masyarakat Aceh melakukan masak dan makan daging bersama sebelum memasuki bulan puasa Ramadhan, demikian pula yang dilakukan oleh anggota Kodim 0101/BS yang tumbuh dan besar bersama rakyat Aceh.

Kegiatan penyembelihan hewan (meugang) ini dipimpin langsung oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0101/BS Letnan Kolonel Inf Jaka Sutanta, S.Sos.

Kasdim menuturkan bahwa tradisi meugang di Kodim 0101/BS dilaksanakan sudah turun temurun, sebagaimana umumnya tradisi di masyarakat Aceh yang melaksanakan meugang sebanyak tiga kali dalam setahun, yaitu jelang puasa Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha.

"Tradisi ini (meugang) dalam setahun dilaksanakan sebanyak tiga kali, yaitu saat puasa ramadhan, hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha, ini sudah menjadi tradisi kita (Kodim) dan sudah dilakukan secara turun temurun," ucap Kasdim.

Perwira Seksi Personel (Pasipers) Kodim 0101/BS Mayor Inf Eka Namah Soerana selaku Koordinator penyembelihan menjelaskan bahwa meugang kali ini Kodim menyembelih dua ekor sapi dan dagingnya nanti akan dibagikan kepada anggota Kodim dan para Guru Taman Kanak-kanak (TK) Kartika Kodim 0101/BS.

"Meugang kali ini ada dua ekor sapi besar yang kita sembelih, nanti dagingnya akan kita bagikan kepada anggota dan para guru TK Kartika binaan kita," tutup Mayor Eka.

Komentar

Loading...