Kodim 0101/BS Konsisten pada Pendampingan UPSUS

Oleh
WhatsApp Image 2017-05-26 at 6.40.22 PM

Banda Aceh - Komandan Kodim 0101/BS, Letkol Inf Iwan Rosandriyanto S IP menyatakan bahwa Kodim 0101/BS konsisten pada pendampingan Upaya Khusus (Upsus) dalam langkah percepatan pertanian.

Hal tersebut disampaikan Dandim saat acara forum silaturahmi Pertanian di Aula Tengah Makodim 0101/BS Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh, Jumat (26/5/17).

Dandim menjelaskan, bahwa sejak tahun 2013 lalu sudah ada Mou antara Panglima TNI dengan menteri pertanian, disitu bunyi Mou nya, bahwa seluruh prajurit TNI melaksanakan pendampingan terhadap kegiatan pertanian.

"Kami melihat bahwa kebutuhan premier/pokok kita diantaranya disitu ada kebutuhan sandang, pangan, papan. Kebutuhan pangan merupkan kebutuhan yang sangat mendesak, apabila kebutuhan pangan tidak bisa dipenuhi maka akan berdampak kepada ketidakstabilan nasional yang bermula dari ketidakstabilan di wilayah," kata Dandim.

Ia mengatakan, jika stok beras, padi, gabah, jagung  terbatas di Aceh Besar, akan menjadi kacau dan tidak menutup kemungkinan banyak terjadi pencurian, penjarahan bahkan akan terjadi konflik sosial.

"Bisa kita bayangkan apabila stok sembakonya terbatas wilayah kita, akan menjadi kacau akan banyak terjadi pencurian, penjarahan bahkan akan terjadi konflik sosial," katanya.

Melihat hal ini, sambung Dandim mengatakan,  bahwa pimpinan TNI  pernah menyampaikan yaitu, dari pada kita mengobati lebih baik kita melakukan pencegahan, salah satu yang yang dilakukan kita mendampingi dinas pertanian, kementerian pertanian, dengan tujuan seluruh aktifitas pertanian bisa berjalan dengan aman, lancar dan bisa mencapai swasembada pangan.

"Kalau kita melihat kondisi regional secara umum terutama dunia kita melihat bagaimana pertikaian pertikaian, Indonesia berada di lintas katulistiwa dan merupakan jantung dunia, tidak menutup kemungkinan diwilayah Negara Timur, Asia kehabisan energi, Batu bara minyak bumi, maka tidak menutup kemungkinan mereka akan melebarkan wilayah expansinya. Indonesia saat ini menjadi primadona bagi Negara-Negara Dunia," papar Dandim.

Acara ini mengusung tema "Kodim 0101/ BS Konsisten Pada Pendampingan Upsus,Langkah Percepatan Pertanian Melalui Forum Silaturahmi Pertanian, Peningkatan Koordinasi Dalam Wujudkan Kedaulatan Pangan".

Dalam Forum Silaturahmi Pertanian juga dihadiri Kapolresta Aceh Besar Akbp Heru, Kasdim 0101/ BS Letkol Inf Jaka Sutanta, Wakapolresta Banda Aceh Akbp Armaini, Kadis Pertanian Ahmad Tarmizi, Kabag Pengadaan Bulog Aceh Ruslian, Ketua PERPADI Aceh Drs Darmawan, para Danramil,Perwira Staf Serta Camat Aceh Besar dan para Distributor Pupuk,kelompok Tani Aceh Besar.

Komentar

Loading...