Kodim 0106/Ateng Sambut Puasa dengan Meugang

Oleh
IMG-20170525-WA0017

Takengon – Dalam rangka meugang (punggahan) menjelang menyambut bulan suci Ramadhan atau Puasa, Kodim 0106/Ateng melaksanakan kegiatan pemotongan hewan sebanyak lima ekor yang di antaranya tiga kerbau dan dua sapi yang bertempat di Makodim Jln. Lut Tawar, Kp. Bale Atu, Kec. Lut Tawar, Kab. Aceh Tengah, Rabu ( 25/05/2017).

Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, S.I.P menyampaikan, pemotongan daging kerbau dan sapi yang di selenggarakan oleh Primer Koperasi Angkatan Darat ( Primkopad ) tersebut akan di bagikan kepada seluruh Prajurit dan PNS jajaran Kodim.

Kegiatan ini berkaitan dengan tradisi masyarakat Aceh dalam menyambut bulan Puasa. Tradisi tersebut dinamakan Meugang yaitu melaksanakan pemotongan hewan Lembu atau Kerbau untuk menu hidangan dan sajian yang beraneka ragam dari daging Sapi atau Kerbau sebagai santapan utama pada hari permulaan bulan Ramadhan.

Tradisi Meugang pada masyarakat Aceh sudah berlangsung sejak lama dan sampai saat ini masih terus dilaksanakan oleh masyarakat Aceh saat memasuki bulan Puasa. Kodim Aceh Tengah sebagai salah satu Satuan Teritorial di wilayah Aceh, juga merespon positif tradisi Meugang sebagai kearifan lokal di Aceh

“Selamat menjalankan ibadah puasa bulan suci Ramadhan, perbanyak beramal ibadah dan tetap semangat untuk bekerja,” ucap Dandim Aceh Tengah kepada seluruh Prajurit dan PNS.

Dalam pemotongan daging hewan untuk meugang tersebut Dandim 0106/Ateng-BM Letkol Inf Didit Hari Prasetyo Putro, S.I.P didampingi oleh Kasdim Mayor Inf Ade Munandar S.I.Pem, Pasi Personel Lettu Inf Suratin, Kaprim Serma Syaifullah, Kapoktuud Pelda iAgus Triyono, dan beberapa Anggota dari perwakilan Staf Kodim dan Koramil.

Komentar

Loading...