Kodim 0105/Aceh Barat Komunikasi Sosial Bersama Komponen Masyarakat

Oleh
WhatsApp Image 2017-05-22 at 14.16.08

Aceh Barat - Kodim 0105/Abar menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Komponen Masyarakat (Kommas), dihadiri 100 orang komponen masyarakat wilayah Kabupaten Aceh Barat yang terdiri dari tokoh agama, tokoh adat , tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ormas/lsm/okp, mahasiswa, dan insan pers, bertempat di Aula  Makodim 0105/Abar, Senin (22/5/17).

Dengan mengusung tema, “Melalui Kegiatan Penyelenggaraan Komunikasi Sosial Dengan Komponen Masyarakat, Kita Tingkatkan Kemanunggalan TNI-RAKYAT Dan Wawasan Kebangsaan Dalam Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa”.

Komandan Kodim (Dandim) 0105/Abar Letkol Inf Herry Riana Sukma yang diwakili oleh Danramil 01/Sungai mas Kapten Inf Mazwar Asadi AR mengatakan acara Komsos ini sebagai ajang silaturahmi antara TNI dengan elemen masyarakat di Kabupaten Aceh Barat.

“Dengan adanya kegiatan komsos ini, diharapkan semua komponen masyarakat (kommas) serta jajaran anggota kodim 0105/Abar, dapat terus menjalin silahturahmi. pertemuan ini, merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi yang dialogis yang terjadi diantara kita, saling memberi informasi terkait situasi yang terjadi di wilayah,” ujarnya.

Dandim juga berharap, dengan Komsos ini Kodim 0105/Abar akan selalu bersinergi dengan semua unsur di wilayah Kabupaten Aceh Barat.

"Kita akan peduli dan peka kepada semua aspek-aspek disekitar kita. Terimakasih atas kesediaan waktunya menghadiri kegiatan Komsos ini, semoga Komsos dengan komponen masyarakat ini bisa bermanfaat bagi semua," kata Dandim.

Sementara  perwakilan dari tokoh agama Tgk H. Abdul Rani Adian dalam sambutannya sangat mengapreasi atas dilaksanakannya silaturrahmi dengan para tokoh dan komponen lainnya di Makodim ini. Menurutnya, hal ini sangat baik untuk memupuk kebersamaan , persatuan dan persaudaraan. Dengan mengutip sebuah ayat alqu’an (QS Ali Imran:103) Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang  yang bersaudara.

Persatuan dan kerukunan umat merupakan awal dan fondasi terjalinnya ukhuwah (persaudaraan) dalam masyarakat. Dengan kata lain tanpa adanya persatuan dan kerukunan dalam masyarakat, akan sulit terwujudnya suatu ukhuwah dalam masyarakat. Baik yang menyangkut ukhuwwah basyarriyah (persaudaraan kemanusiaan), ukhuwwah wataniyyah (persaudaraan kebangsaan), maupun ukhuwwah islamiyyah (persaudaraan sesama muslim). semoga malalui pertemuan silaturrahmi akan Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa khusunya diwilayah Kabupaten Aceh Barat.

Kegiatan selanjutnya penyampaian materi singkat tentang bela negara, tugas-tugas pokok TNI serta kebijakan Kasad dalam bidang teritorial, bahaya laten komunis yang disampaikan oleh perwira yang telah ditunjuk. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti dan menyimak setiap materi yang disampaikan sehingga terjadi dialog/komunikasi dua arah antara peserta dan pemateri.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian sarana kontak berupa sajadah kepada seluruh peserta,dan acara ramah tamah.

Komentar

Loading...