Pabung Pidie Beri Materi Siskamswakarsa Di Kabupaten Pidie Jaya

Oleh
WhatsApp Image 2017-05-18 at 16.48.48

Pidie Jaya – Dalam rangka memelihara ketertiban keamanan dan ketentraman masyarakat pasca pelaksaanan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Tahun 2017 di Kabupaten Pidie Jaya menggelar , kegiatan Sosialisasi Siskamswakarsa bertempat di Aula Cot Trieng Lantai III Kantor Bupati Pidie jaya Komplek Perkantoran Cot Trieng Ds. Mayang Cut Kab. Pidie Jaya, Kamis 18 Mei 2017

Dalam materinya Pabung 0102/Pidie  Mayor inf Affiansyah menjelaskan tentang Peran dan tanggung jawab TNI dalam menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pertahanan Negara bertujuan untuk menegakkan kedaulatan negara mempertahankan keutuhan wilayah NKRI dan melindungi keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan Bangsa dan Negara dengan memperhatikan Geografi sebagai negara Kepulauan.

" Sistem pertahanan negara adalah bersifat semesta artinya dalam mempertahankan negara melibatkan seluruh warga negara serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total terarah dan terpadu," jelasnya.

Departemen pertahanan dalam hal ini adalah sebagai pelaksana fungsi Pemerintah dibidang pertahanan negara dan menteri pertahanan adalah menteri yang bertanggung jawab dibidang pertahanan Negara.

" Panglima TNI yang selanjutnya disebut Panglima adalah perwira tertinggi yang memimpin TNI yang terdiri dari tiga Matra AD, AL dan AU,  sedangkan Tugas utama  TNI dalam Operasi Militer Perang adalah mengatasi gangguan separatis bersenjata, mengatasi pemberontakan bersenjata,mengatasi aksi teroris,mengamankan wilayah perbatasan, mengamankan obyek Vital nasional yang bersifat strategis, melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri, mengamankan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya," jelasnya lagi.

Kegiatan Sosialisasi Siskamswakarsa ini dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Perekonomian Keuangan dan Pembangunan, Ir. Mukhlis, Kakesbangpol Pidie jaya, Ridwan, SH, Sekertaris Kesbangpol Pidie Jaya, Drs. A. Jalil Samidan, S. Pd, Kajari Pidie Jaya diwakili oleh, Kasi Datun, Ferdi, SH. MH, Kapolsek Kota Meuredu, Akp. T. Muhammad, SH, Danpos Lanal AL, Pelda Joko Saputro dan Perwakilan Tokoh Masyarakat Kec. Meureudu.

Komentar

Loading...