Musim Hujan, Dandim 0101/BS: Waspadai Potensi Ancaman Bencana Alam

Oleh
WhatsApp Image 2017-05-18 at 10.44.06

Banda Aceh - Komandan Kodim 0101/BS Letnan Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto, S.I.P, Selasa (16/05/2017), memerintahkan seluruh satuan Komando Rayon Militer (Koramil) di jajarannya untuk mewaspadai terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

“Mengingat di wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar saat ini sedang memasuki musim penghujan dan angin kencang. Maka saya perintahkan kepada sluruh anggota Kodim untuk waspada,” kata Dandim saat di temui Media Center Kodam Iskandar Muda di kantornya.

Ia menghimbau kepada seluruh jajaran Koramil, agar aktif melakukan monitoring di wilayahnya masing-masing dan mengantisipasi terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam seperti banjir, banjir bandang, longsor dan angin puting beliung.

“ Jadi para Danramil, saya perintahkan untuk senantiasa memelihara kontak komunikasi dengan segenap instansi terkait di wilayahnya sehingga mampu melakukan koordinasi secara cepat apabila sewaktu-waktu terjadi bencana,” katanya.

Kepada masyarakat Kota Banda Aceh, Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto, S.I.P, menghimbau agar meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman banjir dengan melakukan langkah-langkah pencegahan salah satunya dengan melakukan pembersihan saluran air di sekitarnya. Menurutnya, wilayah Kabupaten Aceh Besar yang umumnya merupakan daerah pegunungan.

“Jadi saya minta kepada masyarakat, agar proaktif untuk menjaga lingkungan, mewaspadai terhadap aksi pembalakan liar yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Karena pembalakan liar dapat menimbulkab ancaman longsor dan banjir bandang,” pinta Dandim.

Komentar

Loading...