Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Kolonel Caj Dr. Ahmad Husein Sipahutar, MA: Umat Islam Harus Memperbaharui Iman

Oleh
Perwira Ahli Pangdam IM Bidang Hukum dan Humaniter Kolonel Caj Dr. Ahmad Husein Sipahutar

Banda Aceh – Umat Islam hendaknya memperbaharui iman dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Hal ini dapat dipahami dari Al Qur’an surat al-Baqarah ayat 183, yaitu wahai orang beriman diwajibkan kepada kalian berpuasa, sebagaimana diwajibkan kepada umat sebelum kalian, agar kalian bertaqwa.

Ayat tersebut disampaikan Perwira Ahli Pangdam IM Bidang Hukum dan Humaniter Kolonel Caj Dr. Ahmad Husein Sipahutar, MA saat menjadi khatib sholat Jumat di Mesjid Liwaul Hamdi, Emperum Jaya Baru, Kota Banda Aceh, (12/5/17).

Mengapa penekanan ayat ini kepada orang beriman, Ia menjelaskan, puasa bukanlah rukun Iman, namun rukun Islam, yang mana puasa itu harus diwajibkan untuk umat beragama Islam.

“Jadi orang yang berpuasa melatih dirinya untuk mendekatkan diri kepada Allah, dengan menjauhi hal-hal yang disukai oleh nafsunya, padahal sebetulnya ia mampu untuk makan, minum atau berjima tanpa diketahui orang, namun ia meninggalkannya karena sadar bahwa Allah mengawasinya,” jelas Kolonel Caj Dr. Ahmad Husein Sipahutar, MA kepada jamaah Sholat Jumat.

Ia menyatakan, dengan berpuasa bisa mempersempit gerak setan dalam aliran darah manusia, sehingga pengaruh setan melemah.

“Jadi Puasa itu, secara umum dapat memperbanyak ketaatan kepada Allah, dan ini merupakan tabiat orang yang bertaqwa. Sebagai umat Islam mari kitaberpuasa,” ajak Perwira Ahli Pangdam IM Bidang Hukum dan Humaniter kepada Jamaah sholat Jumat.

Selanjutnya Perwira Ahli Pangdam IM Bidang Hukum dan Humaniter memimpin Doa “ Ya Allah..berikan keberkahan kepada kami di bulan Rajab dan Sya'ban serta sampaikan umur kami ke bulan Ramadhan”.

Kolonel Caj Dr. Ahmad Husein Sipahutar, MA berharap dengan doa Nabi tersebut seluruh jamaah dapat merenungkan maknanya secara mendalam, agar keyakinan, iman dan semangat Ramadhan bisa diperbaharui dan diwujudkan dalam peningkatan ibadah dan amal saleh.

Komentar

Loading...