Meningkatkan Kesiapan Prajurit Kewilayahan, Kodim Pidie Gelar Binsiap Apwil

Oleh
bin siap

Pidie- Dalam upaya meningkatkan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, Komando Distrik Militer 0102/Pidie melaksanakan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) Triwulan II TA 2017 bertempat di Aula Salimuddin Makodim setempat. Jum’at (12/5/17).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut dibuka langsung oleh Komandan Kodim 0102/ Pidie Letkol Arh Donny Indiawan SIP dan di ikuti sebanyak 168 Prajurit Kodim 0102/Pidie terdiri Danramil dan Babinsa  jajaran Kodim 0102/Pidie.

Dalam Sambutannya Dandim menyampaikan, Babinsa  merupakan garda terdepan dalam tugas kewilayahan bagi TNI-AD wajib meningkatkan kesiapan Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial, selain itu diperlukan kemampuan dan ilmu teritorial dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini.

Adapun tujuan kegiatan ini yaitu untuk memberikan petunjuk-petunjuk pokok yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Wilayah dan Kemampuan Teritorial dijajaran Kodim 0102/Pidie. Jadi, aparat kewilayahan harus memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial agar memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam melaksanakan tugas,” ungkap Dandim.

Dandim juga menjelaskan, dalam sosialisasi ini para peserta diberi beberapa materi Binsiap Apwil dan Puanter diantaranya yaitu Lima Kemampuan teritorial, Metode Binter, Pengetahuan terorisme, Pengetahuan Bencana Alam, yang disampaikan oleh pemateri yaitu  dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten  Pidie serta dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten  Pidie.

Melalui kegiatan ini, Dandim berharap kepada anggota agar lebih memahami dan mampu melaksankaan tugas kewilayahannya, dan tidak ada keraguan dalam mengaplikasian atau melaksanakan tugas di lapangan, sehingga hasil para anggota dilapangan dapat optimal, efektif dan efesien.

Komentar

Loading...