Pasca Banjir di Aceh Tenggara Sudah Pemulihan Tanggap Darurat

Oleh
WhatsApp Image 2017-04-25 at 10.30.10

Aceh Tenggara – Lokasi Bencana Alam Banjir Bandang telah di laksanakan pemulihan dalam rangka Tanggap Darurat Penanggulangan Pasca Bencana Alam Banjir Bandang di Wilayah Kabupaten Aceh Tengara yang terjadi pada tanggal 11 April 2017 lalu.

Adapun hasil pekembangan kondisi Penanggulangan Pasca Bencana Alam Banjir Bandang di Wilayah Kabupaten Aceh Tenggara pada Senin, 24 April 2017 (H+13) yang dilakukan Personel TNI dan aparat yang terlibat yakni, mulai pembersihan Rumah Ibadah (Gereja GSJA) Desa Lawe Tua Gabungan sudah mencapai 92 % dan (Gereja GPDI) Desa Lawe Tua Gabungan sudah mencapai 95 %. Sedangkan pembongkaran satu unit rumah di DesaLawe Sigala II mencapai 95 %.

Tak hanya itu, pembongkaran Rumah masyarakat  sebanyak dua Unit Rumahdi Desa Lawe Tua Makmur mencapai 95 % dan Pembersihan dan pembongkaran Rumah masyarakat satu unit Rumah di Desa Lawe Tua Persatuan mencapai 95 % serta dua Unit rumah warga di Desa Suka Makmur mencapai 95 %.  Selain itu, pengerukan/pembuatan parit/got untuk aliran air/sungai di Desa Lawe Tua Makmur mencapai 85 % dan di Desa Lawe Tua Makmur mencapai 90 %.

Sementara, pengerukan aliran sungai sepanjang ± 1 Km, selebar 4 meter dan gorong-gorong di Desa Lawe Kesumpat hingga saat ini, baru mencapai 75 %, karena terjalnya medan yang dilalui Alat Berat serta tebalnya material batu, lumpur dan potongan kayu yang menimbun aliran sungai sebelumnya.

Sedangkan, pendistribusian/penyaluran Air Bersih siap Konsumsi/Minum dari Kodim 0108/Agara untuk korban Bencana Alam hingga sore ini telah tersalur sebanyak ± 70.000 liter.

Sedangkan, alat dan Sarana prasarana yang digunakan, 10 unit Alat Berat Jenis Beco/Exapator dan Loader, Sebelas Kendaraan Dump Truck, Satu Truk Dinas Kodim 0108/Agara, Dua Sinsaw (Gergaji Rantai), Dua Randis jenis Triton, SatuBuah Tangki kapasitas volume 2.000 Liter, satu Mesin Pompa Air dan Cangkul, sekop, artco/gerobak dorong serta alat seadanya milik masyarakat.

Disamping itu, adapun posko bantuan TNI AD dari Kodim 0108/Agara dan Yonif 114/SM yaitu, mulai dari tenda pengungsian dan dapur Lapangan yang terletak di Gereja HKI Ds. Lawe Tua Gabungan Kec. Lawe Sigala dan Desa Lawe Beringin Gayo Kec. Semadam.

Selain itu, Kodim 0108/Agara juga mendirikan posko Kesehatan yang terletak di Ds. Suka Makmur Kec. Semadam. Sedangkan Yonif 114/SM  mendirikan posko Kesehatan di Gereja HKI Ds. Lawe Tua Gabungan yang bekerja sama dengan UPTD Puskesmas Lawe Sigala gala.

Tak hanya mendirikan posko, personel Kodim 0108/Agara dan Yonif 114/SM juga membantu membersihkan Rumah Ibadah (Gereja GSJA) Ds. Lawe Tua Gabungan dan Rumah Ibadah (Gereja GEPKIN) Desa Kayu Mbelin.

Komentar

Loading...