Mencegah Kanker Serviks, Persit KCK Cab Xl Kodim 0116 Gelar Pemeriksaan IVA

Oleh
WhatsApp Image 2017-04-25 at 16.54.46 (1)

Suka Makmue - Persit Kartika Chandra Kirana Cab XI kodim 0116/Nagan Raya bekerja sama dengan BPJS Nagan Raya menggelar tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA)  kepada 60 orang Ibu – ibu Persit jajaran Kodim 0116/Nagan Raya di Garasi Makodim Komplek Perkantoran Suka Makmue. Selasa (25/4/17).

Kegiatan tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA)   tersebut menghadirkan dr. Elisia SP.OG salah satu dokter kandungan dari RSUD Nagan Raya.

Elisia SP.OG mengatakan , IVA merupakan salah satu cara untuk deteksi dini penyakit kanker serviks atau kanker mulut rahim. Tes IVA diketahui tidak sakit dan dinilai efektif mendeteksi kanker serviks.

Dalam kesempatan tersebut dr. Elisia SP.OG menjelaskan, Tes IVA dilakukan hanya sekitar 3 sampai 8 menit,  kemudian Dokter akan meneteskan asam astetat ke leher rahim. Perubahan warna akan menunjukkan ada atau tidaknya masalah pada leher rahim,” jelasnya.

“Tes IVA sebaiknya rutin dilakukan satu tahun sekali setelah menikah. Tes IVA cukup murah jika dibanding sejumlah tes lain untuk deteksi kanker. Tes IVA dapat dilakukan di puskesmas. Metode lain untuk deteksi kanker serviks yaitu, Pap Smear” pungkas dr. Elisia SP.OG.

Sementara itu,  Ketua Cabang Persit Kartika Chandra Kirana Cabang  XI Kodim 0116/ Nara  Ny. Aini Wahyudi mengatakan, bahwa kegiatan ini diadakan serentak di seluruh Indonesia dengan tema ” Menuju Sehat Dengan Pemeriksaan IVA”

Lebih lanjut dikatakan Ny. Aini, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan layanan kepada Persit khususnya dimana dampak dari kanker serviks ini begitu kompleks. Penyakit ini akan mempengaruhi pola hidup baik itu waktu, tenaga dan pikiran serta keuangan tentunya yang berpengaruh terhadap kinerja pribadi maupun suami,” tuturnya.

Komentar

Loading...