Kebakaran Lahan Perkebunan, Bisa di Cegah Dengan Tanaman Pisang

Oleh
IMG-20170419-WA0009

TAKENGON – Personil Koramil-03/Kota, Kodim 0106Ateng besama  personel Polsek Bintang, Camat, Mukim dan masyarakat  melaksanakan kegiatan penanaman  pohon pisang di sekeliling bukit Desa Merodot, Kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah, Kamis ( 20/04/2017 ). Kegiatan penanaman tersebut di laksanakan dalam rangka mencegah kebakaran  lahan perkebunan masyarakat.

Di tempat lain Danramil-03/Kota Kapten Inf Kamaluddin mengatakan bahwa tanaman pisang merupakan tanaman asli wilayah Benua Asia Tenggara, tanaman ini mengandung air seperti contohnya batang pisang bisa mencegah menjalarnya api jika terjadi kebakaran apalagi di hadapkan dengan cuaca pada musim kemarau di dataran tinggi Gayo ini sering terjadi kebakaran lahan.

Danramil menjelaskan, tanaman pisang  di daerah Gayo ini bisa di katakan tidak sulit dan tidak perlu susah-susah mencari daratan yang bagus dari segi permukaan,  sebab tanaman ini dalam perawatannya tidak menggunakan terlalu banyak pupuk, secara umum tanaman tersebut dapat hidup di daerah yang tinggi maupun rendah.

Tanaman pisang mempunyai manfaat serba guna, mulai dari akar sampai daun dapat dimanfaatkan. Masyarakat Indonesia khususnya sangat menggemari komoditi tanaman ini karena alasannya digemari buah yang berwarna kuning ini adalah harganya yang cukup terjangkau dan juga memiliki kandungan gizi serta vitamin yang cukup untuk menyehatkan badan,” lanjutnya.

Selain bertujuan mencegah banjir, manfaat umum yang bisa di dapatkan dari buah pisang adalah konsumsinya bisa membantu menyembuhkan penyakit kurang darah, penyakit ringan semacam susah buang air besar juga bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi buah yang satu ini, kemudian kulit pisang ini juga memiliki fungsi terutama untuk perawatan kulit, “ tutup Danramil.

Komentar

Loading...